Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Royal Enfield Resmi Luncurkan Himalayan Di India

Kamis, Februari 4th 2016.

New Delhi – Royal Enfield baru saja launching produk sepeda motor model adventure terbaru di New Delhi, India. Bernama Royal Enfield Himalayan, sepeda motor ini dirancang khusus untuk para pecinta petualangan dan off-road.

Nama Himalayan diambil dari Pegunungan Himalaya yg melintasi India utara serta Nepal. Maka tidak mengherankan seandainya peluncuran perdana sepeda motor ini dikerjakan di India.

Mesin berkapasitas 410cc yg dipakai oleh sepeda motor anyar ini diakui sebagai platform baru yg berhasil dikembangkan Royal Enfield. Dengan mesin baru tersebut, Himalayan dapat memproduksi tenaga 24 hp dengan torsi 32Nm. Sebuah performa yg cukup baik mengingat bobot motor dengan ground clearance 220mm ini cuma 182 kg.

Selain jalur pegunungan yg berbahaya dan cukup terjal, kemampuan off-road sangat baik yg dimiliki sepeda motor ini membuatnya dapat buat melewati daerah perkotaan.

“Selama bertahun-tahun berkendara kalian mendapatkan inspirasi bahwa sepeda motor terbaik buat Himalaya bukanlah sepeda motor yg mampu mendominasi lanskap, tapi justru yg bisa mengalir melewati lanskap tersebut,” kata Siddhartha Lal, MD & CEO Eicher Motors Limited, perusahaan pemilik brand Royal Enfiled, di sela-sela acara peluncuran Himalayan.

Selama ini, imbuhnya, para penggemar adventure touring dalam skala besar yg tengah mendefinisikan kategori ini, tak mampu berkendara dengan baik di Himalaya karena motor-motornya yg berat, rumit, mengintimidasi dan tak benar-benar didesain bagi lingkungan pegunungan.

Dengan desain ground-up, Himalayan yaitu sepeda motor yg sederhana dan bisa dikendarai kemana saja, yg tentunya mulai membangkitkan kembali semangat bagi mendapatkan pengalaman adventure touring.

Dibangun pada bingkai duplex split cradle yg dirancang dan dikembangkan oleh Harris Performance, Himalayan sangat stabil dan juga lincah. Sebuah suspensi monoshock belakang yg kuat dan saling terkait memungkinkan pengendara bagi melakukan perjalanan lebih lama dan memberikan pengalaman berkendara yg halus, terlepas dari medannya.

Ground clearance 220mm yg dimiliki oleh Himalayan membuat sepeda motor ini mampu mengatasi semua rintangan dengan nyaman di Pegunungan Himalaya, seperti bebatuan dan persimpangan sungai. Kombinasi ukuran ban yg optimal menghasilkan kontrol yg baik ketika berkendara melewati bebatuan dan jalur bekas roda.

Himalayan didukung dengan mesin overhead camshaft yang membentuk dasar buat mesin long stroke LS 410 yg baru.

Seluruh mesin baru ini memberikan torsi tinggi dan daya yg mampu digunakan pada RPM terendah. Ini dirancang bagi berkendara halus dengan gigi tinggi pada kecepatan rendah, sehingga gampang bagi mendaki bukit, maupun manuver dalam melalui kemacetan dulu lintas.

Desain dan bahan-bahan mesin yg modern diciptakan bagi peningkatan efisiensi dengan tingkat pemeliharaan yg rendah, dan mesin mampu digunakan buat berkendara sejauh 10.000 kilometer di antara pergantian oli.

“Ini memungkinkan pengendara profesional maupun penggemar motor buat melakukan hal yg lebih dengan sesuatu sepeda motor,” kata Rudratej Singh, Presiden Royal Enfield.

Desain sederhana yg tak mengintimidasi, kurva torsi datar, ketinggian tempat duduk yg aksesibel, perjalanan suspensi panjang, hingga kemudahan kepemilikan, membuat Himalayan menjadi sepeda motor multi fungsi, yg bisa buat melakukan perjalanan panjang, dan juga menjadi pilihan bagi menavigasi daerah perkotaan yg padat.

Tangki bensin berkapasitas 15 liter menyediakan kemampuan bagi berkendara sepanjang 450 kilometer. Poin pemasangan bagasi, panniers, dan jerigen yaitu bagian integral dari desain sepeda motor ini.

Sebuah klaster instrumen sederhana mampu melacak kecepatan, arah, suhu lingkungan, waktu perjalanan, servis berkala dan dua jarak tempuh perjalanan.

Yang paling penting, sebuah sinkronisasi praktis antara footpegs, stang dan ketinggian tempat duduk mampu memberikan postur berkendara tegak yg nyaman buat perjalanan panjang.

Ketinggian tempat duduk 800mm yg aksesibel, dengan keseimbangan berat memberikan kemudahan bagi menapakkan kaki di jalan dengan kontrol penuh.

Royal Enfield Himalayan dilengkapi dengan ban dual-purpose yg memberikan pegangan dan kinerja baik dalam berbagai kondisi.

Selain melengkapi kontrol pengereman, rem cakram 300mm di depan dan 240mm di belakang juga menolong buat mengurangi usaha pengereman.

Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yakni Granite dan Snow. Himalayan mulai dipamerkan pada dua gerai Royal Enfield di Delhi dan wilayah NCR akan 3 Februari 2016. Pelanggan mampu memesan dan melakukan test ride Himalayan di India dari akan 17 Maret 2016.

[ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Royal Enfield Resmi Luncurkan Himalayan Di India

Sabtu 16 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bandung – Yamaha New Fino 125 Blue Core baru saja diluncurkan pada Sabtu (9/1/2016) dahulu di Bandung. Yamaha pun menawarkan beberapa model pada matik bergaya…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati baru meluncur empat bulan lalu, Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz kini ditawarkan dengan diskon hingga puluhan juta rupiah.…

Rabu 6 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Tren penurunan pasar nasional kendaraan roda empat di 2015 ternyata tak diikuti oleh Honda. Diwakili oleh Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang…