Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Revolusi Mobil Listrik Global Lebih Cepat Jadi Kenyataan

Jumat, Februari 26th 2016.

New York, KompasOtomotif – Ketika sebagian besar warga dunia masih memandang skeptis terhadap perkembangan teknologi mobil listrik, keadaan terbalik bakal terjadi. Bloomberg memprediksi ledakan populasi mobil berteknologi ramah lingkungan itu bakal terjadi jauh lebih cepat ketimbang prediksi awal.

“Sudah waktunya untuk investor minyak dunia akan menganggap kendaraan listrik lebih serius,” tulis Bloomberg, Rabu (24/2/2016).

Dalam beberapa tahun, Tesla dan Chevrolet berencana akan menjual mobil listrik dengan jarak tempuh 321,8 km sekali baterai terisi penuh. Lebih serunya, mobil-mobil ini bakal dijual dengan harga sekitar 30.000 dollar AS atau Rp 402,6 juta.

Di belakang mereka, Ford, Volkswagen, Nissan, dan BMW, semuanya tengah menggelontorkan dana investasi miliaran dollar AS bagi ikut mengembangkan teknologi listrik. Hampir semua merek penting di dunia, termasuk Apple dan Google, tidak mau ketinggalan menikmati revolusi teknologi di dunia otomotif ini.

Carscoop Empat prinsipal Jepang bersatu mendopang infrastruktur mobil listrik.

Situasi ini jadi persoalan untuk pasar minyak mentah. OPEC masih yakin kalau porsi mobil listrik cuma mencakup 1 persen terhadap penjualan global mobil pada 2040 mendatang. Prediksi yg dikeluarkan Exxon juga sama, berbau agak meremehkan.

Anjloknya harga komoditas penting minyak mentah, terjadi akan 2014, saat jumlah produksi cairan hitam pekat ini surplus 2 juta barel per hari, dari kemampuan menyerap pasar. Tidak ada sesuatu pun analis atau pengamat pasar yg memprediksi bakal terjadi, meski ada ekspansi eksplorasi kilang minyak besar-besaran di sepanjang Amerika Utara.

“Sekarang pertanyaan yg muncul adalah: Seberapa cepat mobil listrik mampu memicu keadaan serupa, sama seperti saat permintaan terhadap minyak mentah juga berkurang 2 juta barrel ?” tulis Bloomberg.

Bahkan, meski ketika ini harga bensin lagi murah, tahun lalu, total penjualan mobil listrik melesat 60 persen di semua dunia. Jika pertumbuhan ini tetap terjaga setiap tahun, maka pertanyaan di atas jawabannya mulai terjadi jauh lebih cepat, yakni pada 2023. Ini baru krisis!

Prediksi waktu berkembangnya suatu teknologi sangat sulit diprediksi, tapi tak mulai terlalu lama, sebelum akan mustahil dilupakan.

Simak tayangan   berikut ini, memprediksi revolusi mobil listrik itu bakal lebih cepat, dari yg pernah diprediksi sebelumnya, berikut ini!

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Revolusi Mobil Listrik Global Lebih Cepat Jadi Kenyataan

Rabu 28 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Pesaing Nissan Juke dan Honda HR-V yg diproduksi Toyota bakal muncul versi produksinya 5 bulan lagi, pada Geneva Motor Show, Maret 2016.…

Jumat 13 November 2015 | Berita Otomotif

Dubai, KompasOtomotif – Fiat Fullback resmi mendebut di Dubai Motor Show, Selasa (10/11/2015). Sekilas pandang, pikap ini tampaknya tak asing. Pemikiran ini benar, sebab struktur…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Proton Edar Indonesia (PEI) yaitu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Proton di Tanah Air. Namanya semakin meredup setelah sepanjang 2015 tak melakukan…