Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Rencana Pembangunan Pabrik VW Di Indonesia Batal?

Rabu, Februari 3rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana pembangunan pabrik perakitan Volkswagen (VW) di Indonesia telah berdengung sejak 2013. Perwakilan dari VW AG, Christian Kringler telah bertemu dengan Hatta Rajasa yg ketika itu menjabat Menko Perekonomian Indonesia.

Tetapi, sampai ketika ini belum ada secercah sinar yg memastikan pabrik itu mulai dibangun di Indonesia. Lantas, apakah rencana pembangunan pabrik tersebut batal?

“Rencana pabrik belum ada info lanjutan, kalian masih menunggu arahan lebih lanjut dari VW AG,” ujar CEO VW Indonesia Andrew Nasuri, ketika dihubungi KompasOtomotif, Selasa (2/2/2016) sore.

Andrew melanjutkan, pabrik perakitan VW di Indonesia masih berstatus aman. Artinya, VW AG selaku prinsipal belum mengumumkan mulai menghentikan pembangunan pabrik di Tanah Air.

“Intinya belum ada arahan apapun, apalagi mengenai keterangan pabrik batal dibangun,” kata Andrew.

Sebelumnya, pria berkulit putih ini sempat melontarkan kalau rencana investasi VW AG di Indonesia terkendala gejolak ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah nilai tukar dollar AS terhadap rupiah belum stabil.

“Setiap kalian membuat rencana bisnis, muncul lagi gelolak-gejolak perekonomian, jadi kami terpaksa membuat ulang bagi menghitung bagaimana cara efisiensinya. Kita berharap keadaan ekonomi Indonesia langsung normal agar kami dapat menentukan bagi akan membangun pabrik,” kata Andrew dua waktu lalu.

Investasi yg dikucurkan VW AG bagi membuat pabrik di Indonesia mencapai 40 juta dollar AS. Jika terealisasi, pabrik perakitan VW di Indonesia mulai memiliki kapasitas produksi hingga 80.000 unit per tahun dan berdiri di lahan seluas 60 hektar.

Menariknya, investasi ini juga membuat Indonesia sebagai basis produksi VW buat wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya. Lantas, bagaimana kelanjutannya? Kita tunggu saja!

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Rencana Pembangunan Pabrik VW Di Indonesia Batal?

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Meski situasi pasar memaksa merek dan dealer menawarkan berbagai promosi penjualan menarik, tingkat kepuasan meningkat saat konsumen membeli mobil memilih dealer berdasarkan…

Minggu 24 Januari 2016 | Berita Otomotif

Verona, KompasOtomotif – Duacti memberi banyak kejutan dalam penampilannya di Verona Motor Bike Expo yg berakhir Minggu (24/1/2016) di Verona, Italia. Konsep sepeda motor drag…

Senin 16 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Sistem pengereman dengan memakai teknologi Anti-lock Braking System (ABS) kerap menjadi bumbu pemasaran mobil-mobil baru di Indonesia. Masalahnya, ternyata masih banyak pengemudi…