Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Rem Dan Kaki-kaki, Bagian Mobil Paling Rawan Bermasalah Di Saat Hujan

Rabu, Januari 6th 2016.

Jakarta -Saat berkendara di musim hujan seperti sekarang, bagian dari mobil yg rawan bermasalah adalah bagian kaki-kaki dan sistem pengereman. Kedua bagian ini tidak jarang kena kotoran dan air, oleh karena itu wajib diperiksa dan dikerjakan perawatan ekstra. Jika tidak, kenyamanan mulai terganggu dan aspek keselamatan terancam.

“Untuk persoalan kaki-kaki , sebaiknya diutamakan bagi dicek. Terutama sistem ball joint, tie rod, long tierod, bushing, dan lain-lain,” tutur Kepala Bengkel Kia Mobil Indonesia (KMI) Bintaro, Fahmi, ketika dihubungi detikOto, Selasa (5/1/2016).

Menurut Fahmi, dua bagian pada kaki-kaki itu rawan bermasalah, karena di ketika melibas genangan air yg menutup lubang jalanan, air dan kotoran masuk. Selain menimbulkan bunyi-bunyian, kotoran dan air tersebut mampu memicu komponen yg terbuat dari karet cepat aus.

“Oleh karena itu bersihkan bagian-bagian itu, kemudian lumasi. Jika didiamkan, lama kelamaan tak mampu berfungsi secara maksimal sehingga kenyamanan terganggu. Bahkan dapat fatal akibatnya,” ujar Fahmi.

Sementara, pada sistem pengereman, khususnya rem tromol sebaiknya kanvas dibersihkan dan dikeringkan. Soalnya, mampu saja bagian itu kemasukan air dan kotoran sehingga menyebabkan kanvas kotor.

“Kanvas rem yg kotor juga mulai mengganggu pengereman. Sebaiknya juga dilihat ketebalan kanvas, seandainya telah tipis sebaiknya diganti. Jangan lupa memastikan keadaan minyak rem, ganti lah seandainya telah kedaluwarsa, dan tambahi juga berkurang,” papar Fahmi. (arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Rem Dan Kaki-kaki, Bagian Mobil Paling Rawan Bermasalah Di Saat Hujan

Kamis 21 April 2016 | Berita Otomotif

Sepanjang penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yg berlangsung pada 717 April 2016, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil meraih 3 penghargaan dan penjualan kendaraan…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Wolfsburg, KompasOtomotif – Bos Ducati Claudio Domenicali mementahkan spekulasi yg menyatakan bahwa perusahaan sedang ”limbung” akibat persoalan besar yg sedang diderita perusahaan induknya, VW Group.…

Rabu 30 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Esemka kini sedang menyiapkan infrastruktur produksi di Boyolali. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mulai menyambut baik seandainya Esemka lahir. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi…