Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Rem Dan Kaki-kaki, Bagian Mobil Paling Rawan Bermasalah Di Saat Hujan

Rabu, Januari 6th 2016.

Jakarta -Saat berkendara di musim hujan seperti sekarang, bagian dari mobil yg rawan bermasalah adalah bagian kaki-kaki dan sistem pengereman. Kedua bagian ini tidak jarang kena kotoran dan air, oleh karena itu wajib diperiksa dan dikerjakan perawatan ekstra. Jika tidak, kenyamanan mulai terganggu dan aspek keselamatan terancam.

“Untuk persoalan kaki-kaki , sebaiknya diutamakan bagi dicek. Terutama sistem ball joint, tie rod, long tierod, bushing, dan lain-lain,” tutur Kepala Bengkel Kia Mobil Indonesia (KMI) Bintaro, Fahmi, ketika dihubungi detikOto, Selasa (5/1/2016).

Menurut Fahmi, dua bagian pada kaki-kaki itu rawan bermasalah, karena di ketika melibas genangan air yg menutup lubang jalanan, air dan kotoran masuk. Selain menimbulkan bunyi-bunyian, kotoran dan air tersebut mampu memicu komponen yg terbuat dari karet cepat aus.

“Oleh karena itu bersihkan bagian-bagian itu, kemudian lumasi. Jika didiamkan, lama kelamaan tak mampu berfungsi secara maksimal sehingga kenyamanan terganggu. Bahkan dapat fatal akibatnya,” ujar Fahmi.

Sementara, pada sistem pengereman, khususnya rem tromol sebaiknya kanvas dibersihkan dan dikeringkan. Soalnya, mampu saja bagian itu kemasukan air dan kotoran sehingga menyebabkan kanvas kotor.

“Kanvas rem yg kotor juga mulai mengganggu pengereman. Sebaiknya juga dilihat ketebalan kanvas, seandainya telah tipis sebaiknya diganti. Jangan lupa memastikan keadaan minyak rem, ganti lah seandainya telah kedaluwarsa, dan tambahi juga berkurang,” papar Fahmi. (arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Rem Dan Kaki-kaki, Bagian Mobil Paling Rawan Bermasalah Di Saat Hujan

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Lamborghini Centenario? Terdengar asing? OK, kita mulai membuatnya tak asing. Lamborghini Centenario LP770-4 yaitu mobil baru yg bakal diluncurkan oleh pihak perusahaan untu memperingati haru…

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Bagi sejumlah orang, khususnya pencinta dan pengguna sepeda motor kustom, nama Budung Kustompart telah tak asing lagi. Namun, tahukah Anda asal-usul pemilihan sebutan…

Rabu 20 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bogor – TVS Motor Company Indonesia secara resmi hari ini launching motor terbarunya. Pabrikan yang berasal India tersebut memperkenalkan TVS Apache RTR 200 FI yg…