Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Rem Bermasalah, Bukan Hari Kemenangan Untuk Lorenzo

Senin, April 11th 2016.

Austin -Jorge Lorenzo sejak awal telah merasa tidak percaya dapat bersaing di baris terdepan karena persoalan rem. Rider Movistar Yamaha itupun puas dengan finis runner-up.

Dalam balapan MotoGP Austin di Circuit of The Americas, Senin (11/4/2016) dinihari WIB tadi, Lorenzo yg start dari posisi beberapa telah tidak yakin diri dengan motornya sejak sesi pemanasan. Saat waktu balapan tiba, Lorenzo mengaku bermasalah dengan rem sehingga sempat melebar di dua putaran awal.

Masalah itu pula yg membuatnya tidak mampu melaju dengan maksimal buat mengejar Marc Marquez. Pada akhirnya, pebalap 28 tahun itu harus puas finis 6,107 menit lebih lambat dari rivalnya yg membesut Repsol Honda tersebut.

Dengan adanya isu pada rem, Lorenzo pun menyebut fokusnya di balapan ini adalah tak terjatuh dan finis sebaik mungkin. Setelah kehilangan poin karena gagal finis di Argentina, tambahan poin di Austin mulai krusial apalagi sejumlah pebalap seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa mengalami crash.

“Saya sangat senang dapat menyelesaikan balapan karena hari ini kondisinya sangat rumit. Di sesi pemanasan, sulit buat meyakinkan diri aku bahwa dapat cukup kompetitif bagi bertarung memburu podium,” ujar Lorenzo dikutip Crash.

“Saya melakukan kerja bagus dengan berpikir positif dan coba buat percaya serta start dengan baik. Masalahnya adalah aku tidak dapat menghentikan laju motor dan itulah kenapa aku melakukan sejumlah kesalahan di belokan pertama dan di sejumlah tikungan hairpin saat coba merebut posisi pertama.”

“Saya berharap dapat lebih cepat, tetapi hari ini itu mustahil dan setiap kali aku malah hanya lebih lambat dan lambat lagi. Jadi hari ini bukanlah hari buat kemenangan dan aku tahu itu sejak lap tujuh atau delapan. Saya hanya perlu menuntaskan balapan dan mendapatkan poin.”

“Sejumlah pebalap yg ingin bersaing dalam kejuaraan terjatuh sehingga tahun ini mungkin kami mulai melihat lebih banyak kesalahan-kesalahan dibandingkan empat atau lima tahun terakhir. Sekarang karena kalian jatuh di Argentina, yg terpenting adalah tak jatuh lagi dan coba mengurangi selisih dengan Marc di balapan-balapan berikutnya,” tandasnya.

Dengan hasil ini, Lorenzo kini menempati posisi beberapa klasemen kejuaraan dengan nilai 45. Marquez masih memimpin dengan 66 poin dan Rossi ada di peringkat tiga dengan 33 angka.

Jalannya Balapan

Meski menjadi pemilik pole, Marquez kehilangan posisi terdepan tidak lama setelah start. Dia turun ke urutan beberapa karena disalip Lorenzo.

Namun komposisi tersebut telah berubah di tikungan pertama. Marquez merebut status pemimpin balapan memanfaatkan Lorenzo yg menikung terlalu melebar.

Dengan masih banyak pebalap bergerombol di barisan depan, balapan berlangsung sengit di lap pertama. Dovizioso berhasil merebut posisi kedua dari tangan Lorenzo, sementara di tidak jauh di belakangnya terjadi persaingan seru antara dua pebalap bagi memperebutkan urutan empat. Ada Rossi, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa yg dua kali bergantian saling susul.

Baru beberapa lap berjalan nasib nahas mendatangi Rossi. Dia mengalami crash ketika melewati sebuah tikungan cepat ke arah kanan. The Doctor kelihatan sangat kecewa dengan apa yg menimpanya.

Selepas lap ketiga, empat pebalap di posisi terdepan terdiri dari Marquez, Dovizioso, Pedrosa dan Ales Espargaro. Satu lap berselang pergantian posisi terjadi di urutan dua. Dovizioso harus menyerahkan posisi tersebut kembali ke tangan Lorenzo.

Wow! Dua pebalap di rombongan terdepan jatuh di lap keenam. Lorenzo dan Dovizioso yg kali ini jadi korban.

Peristiwanya diawali ketika Pedrosa mengalami crash ketika mulai melewati tikungan pertama. Motor Honda punya Pedrosa terseret di atas aspal sejauh dua meter dan menghantam Dovizioso yg tengah berbelok arah. Dihantam dari samping, Dovi juga terjungkal dari motornya.

Ini adalah kali kedua secara beruntun Dovizioso gagal finis karena ditabrak pebalap laoin, setelah di argentina beberapa minggu dahulu dia diseruduk rekan setimnya, Andrea Iannone, dan gagal finis. Dovizi gagal melanjutkan balapan, sementara Pedrosa dapat kembali ke trek meskipun dia kini berada jauh di belakang.

Terjatuhnya Pedrosa dan Dovi menguntungkan Iannone yg segera naik beberapa anak tangga ke posisi tiga. Sementara Espargaro di posoisi empat dan Vinales di tangga kelima.

Pada lap delapan Carl Crutchlow dan Bradley Smith menyusul terjatuh berbarengan.

Saat separuh balapan terlewati dominasi Marquez semakin menjadi-jadi. Selisih waktu Marquez atas Lorenzi pada lap 10 mencapai 3,9 detik dan selalu melebar.

Setelah jatuh dan kembali ke lintasan, Dani pedrosa akhirnya benar-benar gagal menuntaskan race. Di lap 11 dia masuk pit dan tak kembali lagi.

Tak banyak perubahan terjadi di barisan terdepan. Marquez menciptakan selisih waktu hingga sekitar lima detik dari Lorenzo. Sementara Iannone yg ada di tangga ketiga juga tidak mampu merapatkan jarak ke Lorenzo di depannya.

Persaingan sengit yg tersisa di jelang seri tuntas adalah duel duo Suzuki: Vinales dan Espargaro. Adalah Vinales yg akhirnya bisa memenangi pertarungan sesuatu pabrikan itu. Vinales finis di posisi empat dengan keunggulan beberapa detik lebih dari Espargaro.

Setelah melewati 21 putaran race akhirnya tuntas dimenangi Marquez. Selisih waktunya dengan Lorenzo di urutan kedua adalah 6,107 detik.

Hasil Balapan MotoGP Austin

1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 43m 57.945s
2. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 44m 4.052s
3. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 44m 8.892s
4. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 44m 16.367s
5. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 44m 18.656s
6. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 44m 26.906s
7. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 44m 30.057s
8. Michele Pirro ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 44m 30.702s
9. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 44m 32.537s
10. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44m 38.156s
11. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44m 43.368s
12. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 44m 45.072s
13. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 44m 45.371s
14. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 44m 49.135s
15. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 45m 10.874s
16. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 45m 17.197s
17. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 45m 25.981s
Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) DNF
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) DNF
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF (raw/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Rem Bermasalah, Bukan Hari Kemenangan Untuk Lorenzo

Senin 11 April 2016 | Berita Otomotif

California -Produsen mobil yang berasal Swedia, Volvo terekam video melakukan ‘pencurian’. Eits, jangan salah sangka dahulu ya Otolovers. ‘Pencurian’ yg dimaksud adalah iklan kreatif dari Volvo…

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bologna, KompasOtomotif – Saat ini, Stephan Winkelmann yaitu President dan CEO Automobili Lamborghini S.p.A. Tapi, rumors yg beredar, orang nomor sesuatu pada produsen mobil sport…

Senin 7 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bandung, KompasOtomotif – Honda Modif Contest (HMC) kembali digelar tahun ini . “Road show” kontes modifikasi khusus sepeda motor Honda rekaan Astra Honda Motor (AHM)…