Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Proses Produksi Mobil Toyota Di Indonesia Makin Canggih

Jumat, Januari 29th 2016.

Pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang I yg memproduksi mobil All New Fortuner dan All New Kijang Innova memiliki otomatisasi tinggi dengan memakai robot. Tak kalah dengan pabrik yang lain di Thailand dan Jepang yg menjadi basis produksi global Toyota.

Tim Merdeka.com menyaksikan sendiri dengan segera kecanggihan proses produksi dan perakitan beberapa mobil anyar andalan Toyota tersebut. Pada bagian frame proses, misalnya, dilakukan oleh tangan-tangan mesin alias robot. Robot-robot tersebut bergerak cepat dan senada di bagian ini. Otomatisasi proses produksi sangat kentara di sini.

Nandi Julyanto, Director Production Engineering TMMIN, menjelaskan otomatisasi dengan memakai robot di bagian frame process dilakukan, karena bagian ini sangat memerlukan akurasi pengerjaan yg tinggi dan memiliki tingkat kesulitan tinggi.
“Pada 2014, kalian belanja 60 robot bagi otomatisasi di tahapan frame process. Jumlah tersebut naik 20 persen dari sebelumnya,” kata Nandi kepada Merdeka.com, di sela-sela kunjungan pabrik TMMIN Karawang I, Selasa (26/1).

Kata Nandi, ke depan terbuka kemungkinan perusahaan tidak mengurangi jumlah robot atau meningkatkan otomatisasi dalam setiap proses produksi mobil Toyota. Namun, ada dua pertimbangan sebelum robot digunakan. Pertama, apakah proses sesuatu produksi secara manual sulit atau tidak. Kedua, environment atau lingkungannya sulit atau tidak, dan ketiga space atau lokasi pengerjaan mendukung atau tidak.
“Ke depan, kita melihat lokasi pengerjaan mana yg sulit dan memiliki tingkat akurasi tinggi, itulah yg menjadi prioritas buat dilakukan oleh robot,” ucap dia.

Menurut Nandi, pabrik Toyota Indonesia secara teknologi telah sama dengan pabrikan global Toyota di segala dunia. Bahkan pada 2015, pabrik Toyota Indonesia menjadi yg terbaik dengan meraih Platinum Environment Award dari Toyota Motor Company.

Saat ini pabrik Toyota Karawang I memiliki kapasitas produksi 130 ribu unit, sementara pabrik Karawang 2 berkapasitas 120 ribu unit dengan memproduksi Etios Valco, All New Vios dan Limo, serta All New Yaris.Baca juga:
Komponen lokal All New Toyota Fortuner naik jadi 75 persen
All-New Fortuner VRZ dan SRZ Sajikan Keistimewaan ‘Lebih’
All New Fortuner terbaru bakal jadi ‘andalan’ Toyota di 2016
Ahok berikan penghargaan lingkungan bagi Toyota
Toyota Corolla terbaru hasil perpaduan dari Mirai dan Prius?
Toyota Corolla terbaru kecolongan fotonya, makin elegan!
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Proses Produksi Mobil Toyota Di Indonesia Makin Canggih

Minggu 6 Maret 2016 | Berita Otomotif

Wolfsburg -Sejak akhir tahun lalu, Volkswagen (VW) terlibat skandal emisi yg membuat penjualan mobil VW menurun dua kali. Meski begitu, VW ingin tetap memberikan penghargaan bagi…

Jumat 27 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Lexus Indonesia mengaku permintaan sedang tinggi tahun ini, tetapi masalahnya performa bagus itu tak didukung suplai unit dari prinsipal. Untungnya, pembeli tetap…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Sebelum All New Fortuner diluncurkan, semua jaringan penjualan Toyota di Indonesia telah membuka pemesanan. Hasilnya, sampai pekan ketiga Januari ini, konsumen yg…