Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Potret Kehidupan Bus Kota Tertua PPD

Minggu, April 3rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Panas, keringat, kotor, dan sempit, mungkin adalah hal-hal yg dirasakan warga Jakarta ketika sebagian mereka berada di bus kota yg beroperasi pada 1970-an. Sisa-sisa kisah epik mampu meraba perasaan ketika masuk ke kabin bus tertua Perum PPD (Pengangkut Penumpang Djakarta) yg mejeng di JiExpo Kemayoran Jakarta.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.

Bus ini yakni Mercedes-Benz OF-1113 PPD Superior Coach, kondisinya dibiarkan seperti sejak pertama kali mengorbit pada 1973. Meski begitu usaha permak mampu terlihat, tambal sulam sana-sini telah dikerjakan di sekujur tubuhnya yg mereyot. Bahkan “matanya” saja beda bentuk.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pegangan tangan di bus adalah sumber penyebaran penyakit.

Di kabin ceritanya lain. Suasana yg mencuat merupakan membayangkan ketika bus ini masih mengangkut penumpang. Semuanya benda keras, rata-rata interiornya terbuat dari besi yg telah berkarat.

Febri Ardani/KompasOtomotif Hampir seluruh indikator dan tombol tak berfungsi lagi.

Tidak ada sedikit pun benda empuk. Jok penumpang terbuat dari plastik, cuma jok pengemudi yg berbusa itupun pelapisnya telah banyak sobekan. Sangat memungkinkan seluruh indikator di hadapan sopir itu mati dimakan usia tanpa reparasi, mampu jadi yg dikontrol cuma tinggal gas, rem, dan kopling saja, serta fungsi seadanya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail kabin Bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.

A.M Fikri, kordinator acara Mercedes-Benz Bus Untuk Semua yg jadi alasan kenapa Superior Coach muncul ke publik di pameran antar-bisnis suku cadang, aksesori, dan kelengkapan kendaraan (INAPA) yg digelar 29 Maret hingga 1 April, menjelaskan, bus ini sangat dekat hubungannya dengan sejarah jaringan transportasi Indonesia. Umurnya sekarang 43 tahun, tetapi bukan berarti berhenti berjasa. Maskot PPD ini sekarang bertugas keliling sebagai storing atau pembantu teknis bagi bus yang lain yg bermasalah di jalan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Satu-satunya benda empuk di kabin jadi keistimewaan sopir, yakni jok berbusa.
Febri Ardani/KompasOtomotif Nuansa jok paling belakang di bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.
Febri Ardani/KompasOtomotif Dinilai dari informasi pada pelat nomor, bus ini masih dapat digunakan di jalan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Potret Kehidupan Bus Kota Tertua PPD

Senin 15 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Kawasaki di Indonesia launching versi edisi terbatas dari Kawasaki Ninja 250 awal minggu lalu. Versi yg berfitur Antilock Braking System (ABS) dibanderol Rp 68,6 juta…

Selasa 19 Januari 2016 | Berita Otomotif

PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri tahun 2015 dengan memimpin pangsa pasar sebesar 68,7 persen atau tumbuh 4,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.Perolehan tersebut berhasil dicapai…

Kamis 28 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Gonjang-ganjing merek Amerika, dalam hal ini Ford yg menetapkan hengkang dari Indonesia, secara tak segera berimbas terhadap kompatriotnya, General Motors (GM). Tak…