ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Polisi Mulai Serius Dengan Pembatasan Kecepatan Kendaraan

Senin, Maret 7th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi masih menjadi faktor penting terjadinya kecelakaan di jalan raya. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai memaksimalkan penindakan dengan memakai alat pengukur kecepatan atau Speed Gun.

“Kami mulai memaksimalkan penindakan terhadap pelanggaran batas kecepatan, didukung oleh Speed Gun,” ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam informasi resmi, Minggu (6/3/2016) malam.

Menurut Budiyanto, level kecepatan masih kadang diabaikan sebagai salah sesuatu penyebab kecelakaan sehingga dibutuhkan sosialisasi. Uoaya ini dikerjakan guna membangun budaya tertib pada esensi subyek manusia secara maksimal.

“Untuk menekan kecelakaan, kalian mulai melakukan penegakan hukum dengan memakai Speed Gun, melalui proses pentahapan yg pertama sosialisasi, kedua penindakan dengan teguran tertulis dan terakhir penindakan dengan tilang,” ungkap Budiyanto.

Sesuai dengan Peraturan Perhubungan No 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Batas Kecepatan yg tertuang dalam pasal 1. Isinya, adalah batas kecepatan adalah aturan yg sifatnya umum dan atau khusus buat membatasi kecepatan yg lebih rendah karena alasan keramaian, di sekitar sekolah, banyaknya kegiatan di sekitar jalan, penghematan energi, ataupun karena alasan geometrik jalan.

Pasal 2 menjelaskan, penetapan batas kecepatan dimaksudkan bagi mencegah kejadian dan fatalitas kecelakaan serta mempertahankan mobilitas dulu lintas. Penetapan batas kecepatan bertujuan buat kualitas hidup masyarakat.

Selanjutnya pada pasal 3, batas kecepatan paling rendah 60 kpj dan paling tinggi 100 kpj bagi jalan bebas hambatan, paling tinggi 80 kpj di jalan antarkota, paling tinggi 50 kpj di kawasan perkotaan, dan paling tinggi 30 kpj di kawasan pemukiman.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Polisi Mulai Serius Dengan Pembatasan Kecepatan Kendaraan

Senin 28 Desember 2015 | Berita Otomotif

London, KompasOtomotif – Mercedes-Benz bersama beberapa pebalapnya, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, sangat mendominasi hingga Formula One (F1) berakhir pada November dulu di Abu Dhabi…

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tangerang Selatan -Demi keamanan pengguna, kantung udara alias airbag sekarang yaitu fitur keamanan yg wajib dimiliki sebuah mobil. Apalagi mobil mewah seperti Mercedes-Benz. Dalam sebuah mobil…

Senin 28 Maret 2016 | Berita Otomotif

New York – Dari 25 Maret sampai 3 April, dunia otomotif tengah berpesta di New York, Amerika Serikat. Merek-merek beken memperlihatkan mobil terbaik. Berikut penampakannya.Sumber: http://oto.detik.com