Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Peugeot Bayar Rp 6,4 T Demi Kembali Ke Iran

Rabu, Februari 10th 2016.

Dubai, KompasOtomotif – Pada 2012, boikot dunia internasional buat Iran atas program nuklir merebak hingga ke sektor otomotif. Saat itulah merek paling laku di Iran, Peugeot, menetapkan angkat koper.

Peugeot telah lebih dari 50 tahun berbisnis di Iran. Pasar global Peugeot menghilang 10 persen tanpa Iran. Saat ini ada empat juta unit Peugeot yg beredar di Iran.

Singkat cerita, kebanyakan sanksi internasional bagi Iran berakhir pada Januari lalu, Peugeot pun mau kembali dan mengulang joint venture dengan manufaktur lokal Iran Khoro. Tapi, bagi merek berlambang singa itu, memulai bisnis baru berarti harus menambal lubang yg ditinggalkan.

Dilansir Reuters, Minggu (7/2/2016), PSA Peugeot Citroen setuju membayar lebih dari 400 juta euro sebagai kompensasi kerugian setelah kepergian Peugeot pada 2012. Ganti rugi itu meliputi pelayanan, diskon, termasuk suku cadang yg diproduksi di Iran.

“Berdasarkan kesimpulannya, 427,6 juta euro (Rp 6,4 triliun) kompensasi mulai dibayar Peugeot kepada Iran Khodro karena kerugian,” ujar Hashem-Zare, Managing Director Iran-Khodro Company.

Peugeot juga membayar hutang Iran Khodro sebesar 11 juta euro (Rp 166 miliar) dan 65 juta euro (Rp 983 miliar) dalam bentuk royalti di antara 2012 – 2016. Belum selesai, Peugeot  setuju membayar 317 juta euro dalam bentuk kerja sama di masa depan. Perjanjian ini rampung pada Sabtu (6/2/2016).

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Peugeot Bayar Rp 6,4 T Demi Kembali Ke Iran

Minggu 20 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Menjelang peluncurannya di ajang Detroit Auto Show, Januari 2016 mendatang, Honda kembali menyuguhkan gambar penggoda alias teaser generasi anyar pikap Ridgeline. Dari sejumlah gambar terlihat,…

Selasa 29 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Performa produsen otomotif tahun ini dirasa tak segemilang 2014. Faktor pemicunya cukup banyak, dimulai dari melambungnya nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS)…

Minggu 6 Maret 2016 | Berita Otomotif

Geneva, KompasOtomotif – Mobil mana yg terbaik di Eropa tahun ini? Menurut para juri yg tergabung dalam Car of the Year adalah model kompak Astra…