Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pertamina Klaim Kualitas Biosolar Lebih Baik

Sabtu, Februari 6th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Terhitung 26 Agustus 2015, pemerintah mengeluarkan mandatori pemanfaatan biodiesel 15 persen (B15) di Indonesia. Sesuai dengan yg telah diprogramkan, maka per Januari 2016, nilai biodiesel bertambah menjadi B20.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina menjelaskan, sesuai dengan yg dicanangkan pemerintah, bahwa per 1 Januari 2016 segala SPBU yg menjual biosolar telah berstandar biodiesel B20. Tetapi, belum seluruh SPBU dan mulai merata secara bertahap.

“Biosolar yg kalian distribusikan sekarang ini telah B20. Kita sesuai dengan permintaan pemerintah saja,” ujar Wiandra menjawab pertanyaan KompasOtomotif di Jakarta, Kamis (4/2/2016) malam.

Menurut Wiandra, semakin banyak memakai campuran bio, maka nantinya solar mulai surplus. Bahkan, kemungkinan besar, Pertamina mampu mengekspor solar ke dua negara yg membutuhkan.

“Karena kalau kami lihat dengan komposisi lebih banyak pendapatan daripada pengeluaran, kami mulai surplus. Sebab, setelah kalian produksi solar, bagi lebih ramah lingkungan dicampur bio seperti yg sekarang ini dijual,” ungkap Wiandra.

Harapannya, kata Wiandra, setelah menjual biosolar B20, emisi gas buang kendaraan mesin diesel menjadi lebih ramah lingkungan. “Memang hasilnya masih belum Euro IV, tapi setidaknya jauh lebih baik,” kata Wiandra lagi.

Biosolar yaitu BBM hasil campuran Solar dan Biodiesel. Saat ini sesuai dengan mandatori di atas maka yang  tersedia di segala SPBU adalah Biosolar B20. Artinya 80 persen solar murni dicampur dengan 20 persen biodisel sehingga dinamakan Biosolar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Pertamina Klaim Kualitas Biosolar Lebih Baik

Senin 8 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Seberapapun besarnya keinginan Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggeser citra merek ke mobil penumpang, tetap saja tak dapat dipungkiri andalan penjualan ada di…

Rabu 28 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – detikOto berkesempatan melihat dan menjajal segera Honda BR-V tipe E CVT yg mulai dipasarkan di Indonesia Januari 2016 mendatang. Ini dia tampang Honda BR-V…

Kamis 5 November 2015 | Berita Otomotif

Purwakarta -Biasanya pada mobil hybrid ada 2 motor listrik selain mesin bensin konvensional. Tetapi di Nissan X-Trail hybrid, cuma ada 1 motor listrik. Apa alasannya? “Menggunakan…