ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Pertamina: Banyak Yang Pakai Bensin Karena Kualitas Solar Jelek

Jumat, April 15th 2016.

Jakarta -Perkembangan bahan bakar diesel di Indonesia dinilai oleh Pertamina masih ketinggalan jauh dibanding negara maju seperti Eropa.

Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang menyampaikan banyak pengguna mobil di Indonesia yg memilih mesin dengan bahan bakar bensin dikarenakan kualitas solar yg buruk.

Jajaran bahan bakar diesel yg dimiliki oleh Pertamina ketika ini merupakan Biosolar (angka cetane 48) dan Pertamina Dex (angka cetane 53), serta yg baru diluncurkan Dexlite (angka cetane 51).

Pertamina berharap dengan hadirnya Dexlite sebagai bahan bakar diesel terbaru, dapat mengubah industri mobil, khususnya buat mesin diesel di Indonesia.

“Industri mobil di Indonesia banyak gasoline (bensin) karena kualitas solar jelek. Di Eropa kendaraan pribadi yg pakai solar tinggi. Dexlite mulai mengubah industri mobil di Indonesia. Ini ada solar bagus dengan harga terjangkau,” kata Ahmad, Jumat (15/4/2016).

Sementara itu, ahli otomotif dan bahan bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswijayanto menjelaskan kurang populernya penggunaan bahan bakar diesel di Indonesia karena masih banyak masyarakat yg belum peduli soal emisi gas buang.

Padahal, Tri menambahkan bahan bakar diesel memiliki emisi total cuma seperlima dari bensin. Tak cuma itu, bensin dikatakan sebagai penyebar racun lima kali lipat lebih banyak dari diesel.

“Banyak masyarakat yg belum care soal emisi. Itu mampu menjadi silent killer kalau tak care dengan paparan polusi udara. Banyak yg beranggapan diesel nyembur asap hitam, diesel itu kotor. Diesel itu emisi total cuma seperlima dari bensin. Bensin yg tak ada asap, justru penyebar racun lima kali lipat lebih banyak dari diesel,” jelas Tri. (nkn/rgr)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Pertamina: Banyak Yang Pakai Bensin Karena Kualitas Solar Jelek

Kamis 14 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Setelah sempat absen pada tahun dahulu Toyota-Astra Motor (TAM) kembali mengikuti ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Toyota kini…

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

Sebelumnya memang dikatakan bahwa Aston Martin memiliki rencana buat merilis 7 mobil baru dalam kurun waktu 7 tahun mendatang. Hal itu secara segera dikatakan oleh…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

Wolfsburg, KompasOtomotif – Total kendaraan Volkswagen (VW) yg memakai perangkat lunak ilegal pada mesin diesel berjumlah 11 juta unit di semua Indonesia. Sebagai bentuk tanggung…