Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Persiapan BBM Untuk Euro IV Belum Sinkron

Senin, Maret 7th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siap meresmikan standar emisi Euro IV tahun ini. Draft peraturannya telah diserahkan kepada biro hukum dan akan berlaku di 2018 bagi mobil baru (new product) dan kendaraan yg sedang berjalan ketika ini (current product) di 2020.

Lantas pertanyaannya, apakah pertamina sebagai penyedia bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia telah bersiap seandainya peraturan itu digulirkan?

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro, menerangkan, bahwa Pertamina telah milik rencana buat meningkatkan kapasitas dan kompleksitas kilang minyak buat memproduksi BBM di atas Euro II.

“Kita sedang meningkatkan kapasitas kilang minyak. Nantinya kalau telah tinggi mulai semakin fleksibel mengolah minyak mentah dari mana saja,” ujar Wianda ketika dihubungi KompasOtomotif, Senin (7/3/2016).

Tetapi, lanjut Wianda, Pertamina tak mampu segera loncat ke Euro IV, harus secara bertahap dan butuh waktu yg cukup lama. Tahapan itu sendiri membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun, begitu juga seterusnya.

“Kita mampu secara bertahap, karena buat membangun kilang ini tak dapat cepat. Tahap pertama kalian dari Euro II, ke III dulu, dulu ke IV. Harapannya di 2020 atau 2021 telah dapat memproduksi Euro III,” ungkap Wianda.

Wianda melanjutkan, seandainya dilihat dari kilang yg dimiliki Pertamina ketika ini di Cilacap, Jawa Tengah, Balikpapan, Dumai, dan Balongan, Jawa Barat, telah bersiap cuma tinggal ditingkatkan.

“Nantinya itu kalau telah ditingkatkan, kapasitas produksi BBM di masing-masing kilang mulai bertambah 100.000 barrel per hari,” kata Wianda.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Persiapan BBM Untuk Euro IV Belum Sinkron

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Badung – Sejak pengiriman perdananya pada Sabtu dulu (23/1/2016), telah lebih dari 1.000 unit Honda BR-V yg sampai ke tangan para konsumen di semua Indonesia.…

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Mengisi ban dengan nitrogen memang lebih mahal, daripada memakai angin biasa. Namun, ada harga tentu ada kualitas dan keuntungan yg diberikan oleh…

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Suzuki Indomobil Sales pada awal tahun 2016 sudah launching Ertiga Dreza. Tak cuma itu, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan…