Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Perkenalkan, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Kamis, April 14th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Selain masih menyiapkan petunjuk teknis (juknis) program low carbon emission (LCE) sebagai aturan main bagi kendaraan dengan sumber tenaga alternatif, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah menyatakan dukungannya bagi industri teknologi mobil listrik.

“Terkait listrik itu, PPnBM telah nol. Kemudian, kalian juga telah memberikan lisensi kepada pihak swasta yg mau bagi itu (kendaraan listrik),” ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Yan Sibarang Tandiele di Indonesia International Motor Show (IIMS), Selasa (12/4/2016).

Pihak swasta yg dimaksud Yan adalah PT Great Asia Link (Grain). Perusahaan mobil listrik yang berasal Indonesia ini memiliki izin sebagai industri buat perakitan mobil listrik, dan satu-satunya yg sudah memiliki izin laik jalan resmi atau berupa STNK.

Pabrik Grain terletak di Surabaya, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi mencapai 80.000 unit per tahun. Grain adalah pemegang merek nasional ELVI.

Menurut Yan, pemerintah cuma mampu memfasilitasi hal itu lewat kebijakan. Adapun keadaan pasar ditentukan para pemain.

“Sebetulnya kita telah beri peluang,” ucap Yan.

Pada Februari lalu, Asosiasi Pengembang Kendaraan Listrik Bermerk Nasional (Apklibernas) menuntut peran serta pemerintah buat mendorong industri mobil listrik nasional. Dalam forum diskusi mengenai itu, Apklibernas mengharapkan adanya roadmap yg jelas dari Kemenperin. Isi roadmap itu tentang arah pengembangan dan target pencapaian secara periodik.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Perkenalkan, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Miami -Kalau lagi mabuk, perilaku orang tidak jarang tak terkontrol, tidak peduli siapa pun, termasuk seorang dokter ahli saraf. Dokter cantik yg bernama Anjali Ramkisson itu…

Minggu 29 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah resmi menjual beberapa merek baru, Moto Guzzi dan Aprilia, PT Piaggio Indonesia meresmikan diler pertama yg dapat menjual segala merek di…

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mencatat jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) 839 unit selama pameran otomotif IIMS…