ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Perkenalkan, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Kamis, April 14th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Selain masih menyiapkan petunjuk teknis (juknis) program low carbon emission (LCE) sebagai aturan main bagi kendaraan dengan sumber tenaga alternatif, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah menyatakan dukungannya bagi industri teknologi mobil listrik.

“Terkait listrik itu, PPnBM telah nol. Kemudian, kalian juga telah memberikan lisensi kepada pihak swasta yg mau bagi itu (kendaraan listrik),” ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Yan Sibarang Tandiele di Indonesia International Motor Show (IIMS), Selasa (12/4/2016).

Pihak swasta yg dimaksud Yan adalah PT Great Asia Link (Grain). Perusahaan mobil listrik yang berasal Indonesia ini memiliki izin sebagai industri buat perakitan mobil listrik, dan satu-satunya yg sudah memiliki izin laik jalan resmi atau berupa STNK.

Pabrik Grain terletak di Surabaya, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi mencapai 80.000 unit per tahun. Grain adalah pemegang merek nasional ELVI.

Menurut Yan, pemerintah cuma mampu memfasilitasi hal itu lewat kebijakan. Adapun keadaan pasar ditentukan para pemain.

“Sebetulnya kita telah beri peluang,” ucap Yan.

Pada Februari lalu, Asosiasi Pengembang Kendaraan Listrik Bermerk Nasional (Apklibernas) menuntut peran serta pemerintah buat mendorong industri mobil listrik nasional. Dalam forum diskusi mengenai itu, Apklibernas mengharapkan adanya roadmap yg jelas dari Kemenperin. Isi roadmap itu tentang arah pengembangan dan target pencapaian secara periodik.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Perkenalkan, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Jumat 6 November 2015 | Berita Otomotif

 – Sumber: http://oto.detik.com

Rabu 11 November 2015 | Berita Otomotif

Detroit, KompasOtomotif – Ford dikabarkan berencana membawa kembali Ranger ke Amerika Serikat (AS). Model yg pernah jadi pikap terlaris di AS dari 1987 sampai 2004…

Senin 28 Maret 2016 | Berita Otomotif

Birmingham, KompasOtomotif  – Saham terbesar kepemilikan ajang balapan Formula 1 dikabarkan mulai dijual. Bahkan, dilansir Autoblog.com, Senin (28/3/2016), Bernie Ecclestone, Direktur Eksekutif Formula 1, telah…