ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Perhatikan Trik Saat Melewati Genangan Air

Jumat, Maret 11th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif 
 Genangan air di jalan yaitu keadaan yg cukup mengkhawatirkan untuk sebagian kendaraan, khususnya roda empat. Pasalnya, seandainya genangan air tersebut masuk ke dalam mesin atau ruang bakar, tentu mobil mulai mengalami kerusakan serius.

Di dalam modul “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas” yg dikeluarkan oleh Astra international yg bekerja sama dengan Korlantas Polri, dijelaskan tata cara saat mulai melalui genangan air. Setidaknya ada empat pertimbangan yg dapat dilakukan.

Pertama,perhatikan keadaan di depan mobil saat mulai melalui genangan. Pastikan mobil dapat melaju tanpa berhenti di tengah genangan air.

Kedua, sebagai patokan, gunakan trotoar atau kendaraan yg ada di depan bagi memperkirakan ketinggian genangan air. Jangan memaksa melintas saat ketinggian air telah setengah ban mobil.

Ketiga, lewati genangan secara perlahan (posisi persneling rendah, 1 atau 2) dan pertahankan putaran mesin tak terlalu tinggi, sekitar 1.500 rpm sampai 2.000 rpm. Ini agar air tak masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan serius.

Keempat, setelah melewati genangan air, keringkan kanvas rem. Caranya, jalankan mobil dengan perlahan, kemudian injak dan lepaskan rem berkali-kali. Lakukan hingga keadaan rem kembali normal.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Perhatikan Trik Saat Melewati Genangan Air

Rabu 28 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Motegi, KompasOtomotif – Salah sesuatu impresi menarik ketika intim mengenali Honda BR-V adalah kesenyapan kabinnya. Ketika dites media se-Asia Oseania di area khusus seputaran Twin…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Toyota C-HR sudah dirilis di ajang Geneva Motor Show 2016. Namun sayangnya itu sangat tertutup dan tak smeua orang dapat mendekat. Namun kali ini kejutan…

Kamis 18 Februari 2016 | Berita Otomotif

Mungkin ini adalah yg pertama di dunia. Sepeda berjalan. Apa itu? Tidak ada rincian yg menjelaskan video berdurasi 10 detik ini. Namun digambarkan bahwa alat…