ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Perbanyak Konten Lokal Bisa Buat Otomotif Indonesia Lampaui Thailand

Kamis, Oktober 29th 2015.

Jakarta 

Indonesia masih harus puas menjadi nomor beberapa di Asia Tenggara setelah Thailand di industri otomotif. Namun, pemerintah Indonesia maupun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bertekad buat melampaui Thailand dalam hal industri otomotif.

Menurut Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan, buat melampaui Thailand, Indonesia harus mampu bersaing dalam hal harga jual kendaraan. Salah sesuatu strategi yg harus dikerjakan adalah memperbanyak penggunaan komponen lokal.

“Harga itu ditentukan oleh localize content. Jadi barang-barang, part-part dipoduksi di dalam negeri. Jadi mereka (pabrikan) membuat tier 1, tier 2, nah kami sama Thailand itu jauh banget kalahnya. Kita telah mengikuti local supplier 400 dan sekarang 600-700. Sedangkan Thailand telah mencapai 2.600. Dapat dibayangkan itu. Apapun yg terjadi kalau dia mau produksi dia terus mulai lebih murah dari Indonesia. Karena dia produksi di lokal,” jelas Johnny ketika ditemui di arena Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di JCC, Senayan, Jakarta.

Dia melanjutkan, dengan memperbanyak penggunaan konten lokal, kendaraan yg diproduksi di Indonesia tentu mampu bersaing. Berbagai efek multiplier pun mulai timbul.

“Kesemptan tenaga kerja bertambah, investasi bertambah dan Anda tahu sendiri dengan adanya itu lebih memantik yg lain, jadi dengan adanya pabrik maka adanya tukang jualan juga kan,” katanya.

Johnny menganggap, Indonesia tidak perlu bersaing soal kuantitas. Tapi, yg harus digalakkan adalah bobot konten lokal buat dapat bersaing.

“Misalnya baja, di Thailand tak ada, Indonesia ada. Ada materialnya semua macam. Kenapa tak mencoba kalian giatkan. Karena seluruh industri otomotif dan lain-lain 40 persen komponennya itu adalah baja. Dan dari 40 persen itu, kalau kalian mampu subtitusi logistik cost dan lain-lain, kalian dapat kira-kira bikin 20-30 persen. Bayangkan dari 40 persen kalian 20-30 persen, at least cost-nya telah terbantu. Itu kesempatan buat kami dan kelihatannya telah dijalankan pemerintah,” tambahnya.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Perbanyak Konten Lokal Bisa Buat Otomotif Indonesia Lampaui Thailand

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Yamah Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikabarkan sedang menyiapkan model terbaru dari Mio. Skuter matik (skutik) terbaru Yamaha itu kabarnya bakal menyandang nama Mio Z. Yamaha…

Kamis 19 November 2015 | Berita Otomotif

Prachinburi -Honda R&D Asia Pasific (HRAP) menetapkan bagi membangun lokasi pengujian baru di Thailand. Tempat uji mobil di Thailand itu dibuat buat memperkuat pengembangan produk bagi…

Rabu 30 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain di Indonesia International Motor Show (IIMS), PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menegaskan mulai mengikuti gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show…