ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Penyakit Mobil Kuno Ketika “Disiksa” Ribuan Km

Minggu, April 17th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Pada 4 hingga 15 Mei 2016, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mulai melakukan touring dari Jakarta hingga Sabang, Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam. Jarak tempuhnya sekitar 3.715 km dan ini yaitu perjalanan paling jauh PPMKI di tahun ini.

Ketua Umum PPMKI Rony Arifudin, menjelaskan, namanya mobil yg usianya telah lebih dari 40 tahun, pasti mulai mengalami persoalan ketika diajak berjalan ribuan kilometer. Namun, ini adalah seni yg diinginkan oleh setiap pemilik mobil klasik di Indonesia.

“Kendala pasti ada, seperti oli bermasalah, mesin bermasalah hingga tak dapat berjalan sama sekali karena suatu masalah. Tetapi, ini serunya milik mobil kuni yg diajak jalan, bukan sekedar dipamerkan saja,” ujar Rony ketika berbincang dengan KompasOtomotif, Sabtu (16/4/2016) di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ghulam/KompasOtomotif Mobil klasik di IIMS 2016.

Rony melanjutkan, karena “penyakit” seperti itu terus ada, maka selama diperjalanan ia mulai membawa teknisi khusus dan mobil towing. Tugasnya, memperbaikinya sampai benar-benar dapat jalan kembali ke kota yg dituju.

“Kita juga telah sediakan suku cadang apa saja yg sifatnya mulai rusak seandainya dibawa jalan jauh. Jadi semuanya aman dan tetap dapat menikmati perjalanan memakai mobil kuno,” kata Rony.

Namun, sebelum perjalanan dimulai, 30 mobil yg ikut wajib mengikuti tahap pengecekan. Mulai dari urusan kecil hingga besar harus dicek sampai kendaraan tersebut benar-benar layak jalan.

“Jadi kita tak sembarangan, siapa saja mobil yg ikut wajib melewati tahap itu, sampai ke hal yg kecil seperti fungsi wiper, lampu dan yang lain sebagainya harus berfungsi dengan baik. Semuanya normal, mobil itu baru boleh ikut, kalau tak digantikan dengan pemilik yg lainnya,” ujar Rony.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Penyakit Mobil Kuno Ketika “Disiksa” Ribuan Km

Senin 11 April 2016 | Berita Otomotif

Austin -Jorge Lorenzo sejak awal telah merasa tidak percaya mampu bersaing di baris terdepan karena persoalan rem. Rider Movistar Yamaha itupun puas dengan finis runner-up. Dalam…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Di Indonesia, mesin diesel yg tersemat pada Toyota All New Fortuner cuma ada sesuatu pilihan, merupakan 2.4-liter. Jika dibandingkan dengan di Thailand, pilihan mesin dieselnya…

Sabtu 6 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Honda India menampilkan sebuah motor konsep yg menawan, CX-02. Motor Concept Cross yg asyik diajak kemana-mana. Mengutip indianautosblog, CX-02 yaitu motor konsep kedua hasil…