Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Penjualan Sepeda Motor Di Luar Pulau Jawa Susut Drastis

Jumat, Januari 8th 2016.

Jakarta -Penjualan sepeda motor di luar pulau Jawa sepanjang 2015 dulu diperkirakan menyusut dari sebelumnya 39-39,6 persen menjadi cuma 30 persen dari total penjualan.

Turunnya harga komoditas perkebunan dan lesunya sektor pertambangan dinilai menjadi pemicunya.

“Penyusutan penjualan di luar pulau Jawa ini cukup memberikan dampak yg signifikan terhadap total penjualan sepeda motor secara nasional. Penjualan di wilayah ini cukup rentan karena penyerap produk adalah sektor informal yakni perkebunan dan sektor pendukung pertambangan,” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Masih lesunya harga jual komoditas seperti sawit, karet, kakao, dan lainnya menjadikan petani pekebun dan buruh tani yg biasanya membeli motor, tidak sanggup membeli. Begitu pun dengan banyaknya perusahaan tambang batubara skala kecil dan menengah yg tutup.

“Karena banyak usaha jasa pendukung kegiatan usaha pertambangan yg tutup juga,” ujar Sigit.

Tren penurunan telah dirasakan sejak kuartal pertama 2015. Sehingga hingga akhir semester pertama tahun itu, penjualan di Pulau Jawa tinggal 34,3 persen, dan penyusutan selalu terjadi hingga sepanjang semester kedua.

Secara prosentase, penjualan di luar pulau Jawa tyerbanyak di Suamtera yakni 16,85 persen. Kemudian disusul Sulawesi yg 7,4 persen. Berikutnya Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, serta Papua.

Adapun total penjualan sepanjang 2015 diperkirakan – karena data resmi belum mampu dirilis – sebanyak 6,47 juta unit.

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Penjualan Sepeda Motor Di Luar Pulau Jawa Susut Drastis

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Ruang pamer motor tidak perlu di showroom atau diler saja. Di sebuah kontainer pun bisa. Seperti yg dikerjakan produsen motor Jerman BMW. Usai singgah di…

Kamis 26 November 2015 | Berita Otomotif

Karawang, KompasOtomotif – Toyota Indonesia tetap mengembangkan layout mesin mobil di depan dengan penggerak roda belakang. Keuntungannya, konfigurasi itu dianggap sesuai dengan karakter jalan-jalan Indonesia,…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Sudah diketahui bahwa ada beberapa macam bahan bakar pada kendaraan, terutama bagi kendaraan beroda empat atau lebih, merupakan bensin dan diesel. Setiap pengendara…