Hubungi Kami SMS whatsapp
Penjualan Sepeda Motor Di Luar Pulau Jawa Susut Drastis - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Penjualan Sepeda Motor Di Luar Pulau Jawa Susut Drastis

Jumat, Januari 8th 2016.

Jakarta -Penjualan sepeda motor di luar pulau Jawa sepanjang 2015 dulu diperkirakan menyusut dari sebelumnya 39-39,6 persen menjadi cuma 30 persen dari total penjualan.

Turunnya harga komoditas perkebunan dan lesunya sektor pertambangan dinilai menjadi pemicunya.

“Penyusutan penjualan di luar pulau Jawa ini cukup memberikan dampak yg signifikan terhadap total penjualan sepeda motor secara nasional. Penjualan di wilayah ini cukup rentan karena penyerap produk adalah sektor informal yakni perkebunan dan sektor pendukung pertambangan,” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Masih lesunya harga jual komoditas seperti sawit, karet, kakao, dan lainnya menjadikan petani pekebun dan buruh tani yg biasanya membeli motor, tidak sanggup membeli. Begitu pun dengan banyaknya perusahaan tambang batubara skala kecil dan menengah yg tutup.

“Karena banyak usaha jasa pendukung kegiatan usaha pertambangan yg tutup juga,” ujar Sigit.

Tren penurunan telah dirasakan sejak kuartal pertama 2015. Sehingga hingga akhir semester pertama tahun itu, penjualan di Pulau Jawa tinggal 34,3 persen, dan penyusutan selalu terjadi hingga sepanjang semester kedua.

Secara prosentase, penjualan di luar pulau Jawa tyerbanyak di Suamtera yakni 16,85 persen. Kemudian disusul Sulawesi yg 7,4 persen. Berikutnya Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, serta Papua.

Adapun total penjualan sepanjang 2015 diperkirakan – karena data resmi belum mampu dirilis – sebanyak 6,47 juta unit.

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Penjualan Sepeda Motor Di Luar Pulau Jawa Susut Drastis

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta pemerintah bagi langsung menerapkan standar emisi yg lebih tinggi yakni Euro4. Apalagi, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes…

Rabu 9 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tangerang – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meresmikan pelayanan terpadu buat perbaikan mobil bagian eksterior di salah sesuatu diealernya, Mazda Tangerang. Terletak di Jalan MH…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Setelah tumbang di bawah PT Supermoto Indonesia, kini Ducati hadir di Indonesia dengan bendera baru di bawah PT Garansindo Euro Sports. Belajar dari…