Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pengusaha Beli Truk Bekas, Siapa Yang Jamin?

Rabu, Maret 9th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Truk adalah alat produksi yg tak cuma dipakai sekali beberapa kali, namun ”jam terbang”-nya mampu berlipat-lipat dari kendaraan pribadi. Saat pengusaha menetapkan beli dalam kondisi bekas dari luar negeri, dikhawatirkan tak ada jaminan apa pun, termasuk perawatan.

Itulah edukasi yg ingin disampaikan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) bagi mengantisipasi dampak negatif (turunnya penjualan) akibat dari dibukanya keran impor truk bekas oleh pemerintah. Tak cuma soal perawatan, keamanan dalam jangka panjang juga dipertanyakan.

Per 1 Januari 2016, pemerintah telah memberlakukan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru. Artinya, siapa saja boleh impor segera truk bekas.

”Kalau jual saja gampang dibandingkan dengan perawatan. Sebagai contoh, kalau sedan, pemakaian 20.000-25.000 km, beberapa kali masuk bengkel. Truk, 1 tahun telah 60.000 km atau 6 kali ke bengkel. Kalau impor bekas? Tidak jelas mana pabriknya? Jaringannya seperti apa? Siapa yg merawat?” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia, (8/3/2016).

Santiko berusaha memberikan edukasi, bahwa membeli truk bekas yg diimpor dari luar negeri justru mulai merugikan konsumen. Hal itu telah menjadi pengalaman dua tahun dahulu ketika momen yg sama diberlakukan pemerintah dan diberhentikan pada 2007.

”Pasti ada yg membeli, tetapi lama-lama mulai balik lagi (beli truk baru). Itu telah terjadi, dan konsumen mulai mengeluarkan biaya lebih besar. Soal keamanan juga tak ada yg bertanggung jawab,” kata Santiko.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Pengusaha Beli Truk Bekas, Siapa Yang Jamin?

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Maranello – Ferrari akhirnya resmi menunjuk Sergio Marchionne sebagai kepala eksekutif menyusul keputusan Amedeo Felisa pensiun dari perusahaan tersebut. Reuters melansir, Felisa, pria kelahiran 1946,…

Rabu 2 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jenewa, KompasOtomotif — Setelah Opel Astra K diberi mahkota European Car of The Year 2016 atau mobil terbaik di Eropa tahun ini, jalan buat menuju gelar World…

Jumat 1 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Setelah menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari pelabuhan Bakauheni, risers etape 4 Palembang-Jakarta akhirnya datang di diler Nissan-Datsun Serpong. Kehadiran risers sekaligus menutup perjalanan Datsun…