ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Penggolongan SIM C Sama Seperti Di Luar Negeri

Senin, Januari 11th 2016.

Jakarta -Kalangan produsen motor tak terlalu mempermasalahkan klasifikasi SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk pengendara motor. Di luar negeri, SIM juga dibeda-bedakan.

“Menurut aku ini wajar. Karena ini juga yg diterapkan di luar negeri,” ujar Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia Paulus Bambang Suranto, kepada detikOto, Senin (11/1/2016).

Pria yg lagi hobi touring ini menambahkan, mengendarai motor besar membutuhkan skill yg berbeda dengan dengan motor kecil. “Sehingga wajar seandainya ada penggolongan SIM C, kami setuju,” katanya.

Paulus juga berharap, agar peraturan terbaru ini dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya.

“Tapi tentu ini harus berjalan dengan baik, jangan cuma sekedar ada. Ini harus benar-benar diterapkan, karena ini bagi lebih mencegah terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

“Jadi lebih baik terlambat baru diterapkan sekarang, dibandingkan tak sama sekali,” tambahnya.

General Manager Ducati Bali, Iqbal Maricar menambahkan dengan ada penggolongan tersebut, mampu meminimalisir terjadinya angka kecelakaan dari kendaraan yg dikendarai oleh orang yg tak memiliki keterampilan mumpuni.

“Kalau menurut aku sih ini (penggolongan SIM C) bagus dan jadinya tertata. Saya mendukung pemerintah bagi peraturan SIM ini karena kan niatnya baik, supaya orang-orang yg enggak capable di bidangnya dapat di-reject. Itu kan mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan, korban, dan seluruh macam,” jelas Iqbal.

“Di luar kan memang dikhususkan SIM buat moge (motor gede). Kalau aku sih wajar aja dan mendukung pemerintah tetapi dasarnya kan memang kalian harus milik SIM C dahulu yg aku baca, baru kami dapat apply bagi dapat dapet C2 buat motor diatas 500 cc,” sambungnya.

Untuk pemilik motor sport Ducati harus siap- bersiap membuat SIM C2 dengan kategori kapasitas mesin diatas 500 cc. Peraturan soal penggolongan SIM tersebut akan berlaku pada Mei 2016.

Foto: Grandyos Zafna
Foto: Ducati

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Penggolongan SIM C Sama Seperti Di Luar Negeri

Rabu 6 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Saat berkendara di musim hujan seperti sekarang, bagian dari mobil yg rawan bermasalah adalah bagian kaki-kaki dan sistem pengereman. Kedua bagian ini tidak jarang kena…

Sabtu 19 Desember 2015 | Berita Otomotif

Mio hingga ketika ini sangat populer, terutama di kalangan perempuan. Bahkan, model tersebut hampir-hampir menjadi kata ganti bagi skutik untuk sebagian orang.Tidak dapat dipungkiri, Mio…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Telkomsel launching layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif, bernama T-Bike. Perangkat tersebut dapat memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor…