Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pengelompokan SIM C Ternyata Belum Berlaku Di Tahun 2016

Kamis, Januari 14th 2016.

Berita ini diturunkan buat memberikan ralat terhadap pemberitaan sebelumnya yg menyampaikan bahwa pengelompokan SIM C mulai berlaku sejak 1 Mei 2016.

“Saya tegaskan rencana pembagian kelompok SIM C masih dalam tahap pembahasan. Kalau ada yg menyebut berlaku Februari, berlaku Mei, sesungguhnya wacana itu baru sebatas diskusi internal kami.” Itulah pernyataan yg keluar dari Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono tentang pengelompokan SIM C.

Lebih lanjut, Condro Kirono mengungkapkan bahwa hingga ketika ini SIM C yg ada masih berlaku sesuai dengan peraturan dan belum ada perubahan apapun.

Meski begitu, pihaknya membenarkan bahwa nantinya mulai berlaku pengelompokan SIM C, yakni SIM C bagi sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 250 CC; SIM C1 bagi sepeda motor berkapasitas mesin di atas 250 CC hingga 500 CC dan SIM C2 bagi sepeda motor berkapasitas mesin di atas 500 CC.

Condro menambahkan pemberlakuan aturan pengelompokan SIM C masih membutuhkan waktu yg lama. Pasalnya rencana tersebut memerlukan banyak tahapan yg tak singkat.

“Perlu masukan internal, masukan ekternal yakni dari asosiasi otomotif. Kemudian revisi Perkap yg tak tahu (makan waktu) berapa lama, kemudian pengadaan sarana prasarana juga berapa lama. Ya paling cepat mungkin tahun 2017,” ujarnya, seperti yg dikutip dari Antara (12/1).Baca juga:
[UPDATE] Pembagian SIM C terbaru berlaku akan 1 Mei 2016!
Mei 2016, SIM C tidak berlaku lagi bagi motor bermesin besar
Kakorlantas sebut pengelompokan SIM C agar pengendara moge tidak asal
Kakorlantas sebut pengelompokan SIM C tidak mudah, masih dalam proses
Kakorlantas sebut pengelompokan 3 macam SIM C belum diberlakukan
Polisi keluarkan SIM C tiga macam, lebih bagus atau buruk?
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Pengelompokan SIM C Ternyata Belum Berlaku Di Tahun 2016

Selasa 2 Februari 2016 | Berita Otomotif

Stuttgart -Diler Mercedes-Benz di Eropa akan tahun ini, selain menjual mobil Mercy juga mulai menjajakan motor MV Agusta. Langkah ini yaitu bagian dari kerjasama antara Mercedes-Benz…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah lebih dari seminggu keterangan “menyerahnya” PT Mabua Harley-Davidson (MHD) dan PT Mabua Motor Indonesia (MMI) bocor di kalangan wartawan, akhirnya hari ini, Rabu…

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Selama 3 bulan pertama di 2016, Honda mencatat penjualan sebesar 58.379 unit di segala Indonesia. Angka ini meningkat 31,2% dari total penjualan pada periode yg…