Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pengamat: Sedan Masih Sulit Saingi MPV Dan SUV

Rabu, April 13th 2016.

Jakarta – Pengamat otomotif Suhari Sargo mengatakan, mobil macam sedan masih sulit menyaingi penjualan kendaraan serbaguna/ Multi-purpose Vehicle (MPV) serta yg lebih gagah Sport Utility Vehicle (SUV).

Mobil MPV dan SUV diprediksi masih paling diminati di Indonesia ditambah dengan hadirnya berbagai jenis varian baru kedua macam kendaraan tersebut dari sejumlah merek.

“MPV dan SUV telah menjadi ciri sosial orang Indonesia, karena MPV dan SUV mampu dipakai buat bekerja, sehari-hari, juga buat liburan ke luar kota,” kata Suhari Sargo, dua waktu lalu, di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menurut Suhari, pemilihan mobil cenderung disesuaikan dengan tujuan penggunaan.

“Kalau orang Indonesia banyak pergi ke luar kota, ya banyak pakai MPV atau SUV. Kalau sedan tak cocok bagi jalan yg jelek,” ujarnya.

“Sedan milik segmen sendiri di level atas, mungkin penjualan tak terlalu terpengaruh keadaan perekonomian tapi kebanyakan dipakai bagi di dalam kota,” tambahnya.

Sementara itu, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, mobil macam sedan memang tak dapat dibandingkan dengan MPV dan SUV. Meski demikian, ia berharap kehadiran All New Honda Civic yg baru saja diluncurkan di ajang IIMS 2016 dapat mengembalikan gairah pada segmen sedan di Indonesia.

“Karena Indonesia telah terlanjur historinya sebagai negara MPV dan SUV, tetapi sedan ini dapat tidak mengurangi kontribusinya buat industri Indonesia. Kendaraan MPV dan SUV telah produksi di Indonesia, sedan milik peluang yg besar,” ujar Jonfis.

BACA JUGA: ALL NEW CIVIC TURBO DIBANDEROL RP475 JUTA

Menurut data GAIKINDO, total penjualan sedan pada tahun 2014 sebesar 22.197 unit kemudian turun 18% menjadi 18.170 unit pada tahun 2015.

“Tetapi penjualan Civic naik dari 630 unit pada 2014 menjadi 840 unit pada 2015, atau naik 33%. Targetnya tahun ini All New Honda Civic capai 1.500 unit penjualan,” kata Jonfis.

“Kami yakin Honda Civic mampu membangun kembali memori kenikmatan naik mobil sedan,” imbuhnya.

Menurut Jonfis, Honda Civic masih memegang rekor penjualan sedan tertinggi di Indonesia sampai ketika ini. Pemilik sedan di Indonesia berkurang karena dinilai kurang bertenaga.

“Sekarang kebanyakan yg beli sedan dari perusahaan, minta sedan yg mewah. Yang kurang dari sedan itu tenaga, adrenalin tak naik ketika berkendara. Maka pada All New Honda Civic ditambah mesin turbo agar ada kenikmatan ketika mengemudikan sedan. Kemewahan dapat, juga kesenangan ketika mengendarai sedan. Ini suatu sensasi yg dapat didapat konsumen,” jelas Jonfis. [tar/ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Pengamat: Sedan Masih Sulit Saingi MPV Dan SUV

Kamis 14 Januari 2016 | Berita Otomotif

 – (/)Sumber: http://oto.detik.com

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

Chiba, KompasOtomotif – Nissan X-Trail terlahir sebagai SUV yg tentunya memiliki kesan gagah dan macho. Namun dua kalangan menilai tampilan generasi terbaru ini lebih elegan…

Minggu 22 November 2015 | Berita Otomotif

Pacitan -Popularitas motor bebek sport Honda, New Sonic 150 R di Indonesia, rupanya memacu PT Astra Honda Motor (AHM) ini bagi menggenjotnya. Bahkan, agen pemegang merek…