Hubungi Kami SMS whatsapp
Pemerintah Berharap Toyota Bisa Jadi Contoh Merek Lain - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Pemerintah Berharap Toyota Bisa Jadi Contoh Merek Lain

Senin, Maret 7th 2016.


Karawang, KompasOtomotif  –
Pemerintah Indonesia, lewat Menteri Perindustrian Saleh Husin mengapresiasi komitmen Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membangun pabrik baru di Karawang Jawa Barat. Pemerintah menaruh harapan, ini mulai dapat diikuti oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang lain di Indonesia.

“Kami berharap, apa yg dikerjakan Toyota diharapkan dapat diikuti pabrikan lain, dalam meningkatkan industrinya di Indonesia. Dengan itu semoga mulai meningkatkan industri pasar otomotif lokal maupun di luar negeri,” ujar Saleh Husin, di Karawang, Senin (7/3/2016).

Menperin menambahkan, Toyota sendiri telah berkomitmen buat berinvestasi sebesar Rp 20 triliun dalam waktu 5 tahun. Saat ini, TMMIN telah merealisasikan Rp 5 triliun pada 2015, dan tahun ini Rp 5,4 triliun (termasuk Rp 2,3 triliun pabrik baru ketiga di Karawang).

“Kami juga mengharapkan, Indonesia jangan cuma dijadikan sebagai pasar tetapi juga dijadikan basis produksi, baik pasar domestik maupun pasar global. Ini juga tentunya sejalan dengan kebijakan Pemerintah,” tutur Saleh Husin.

Masih Kalah 

Menperin mengakui, ketika ini Indonesia memang masih tertinggal dengan Thailand. Negeri Gajah Putih tersebut milik capaian sekita 2.5 juta unit di 2015, dengan industri komponen yg telah lebih dari 2.500 sampai 3.000 perusahaan.

“Indonesia sendiri baru mencapai 1,2 juta pada tahun 2014, dan sempat turun 1,1 juta di tahun 2015 lalu. Itu tentunya karena keadaan ekonomi dunia yg menurun, sehingga berpengaruh terhadap industri dalam negeri,” ujar Saleh Husin.

“Namun kita sangat percaya di 2016 ini, produksi industri otomotif Tanah Air, mulai meningkat kembali. Selain itu juga tentu dengan industri komponen yg bertambah lebih dari ketika ini, yg cuma 1.000 industri komponen,” kata Saleh Husin.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Pemerintah Berharap Toyota Bisa Jadi Contoh Merek Lain

Minggu 1 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Jakarta Modified Show, event yg digarap oleh PT. Signal Group Indonesia berafiliasi dengan Jakarta Auto Show, sudah sukses digelar pada 31 Oktober…

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Madrid -Tiga tahun terakhir, banyak pabrikan yg kembali turun ke ajang balap motor bergengsi di dunia, MotoGP. Aprilia dan Suzuki sudah memulai debut kembalinya ke MotoGP.…

Kamis 28 April 2016 | Berita Otomotif

Antonio Zara, Presiden Direktur Nissan Indonesia yg baru, mengaku tak terlalu agresif di pasar otomotif tahun ini. Karena itu, tak ada peluncuran model baru Nissan.…