ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Pasar Sedan Susut, Pabrikan Jepang Pacu Penjualan Pikap

Minggu, Januari 17th 2016.

Detroit -Pabrikan mobil yang berasal Jepang kini tengah menggempur pasar Amerika Serikat dengan menggelontorkan varian pikap. Langkah itu ditempuh setelah harga minyak melorot dan permintaan mobil dan sedan kecil maupun menengah susut.

Seperti dilaporkan Reuters, akhir minggu kemarin,sepanjang tahun dahulu permintaan pikap dan varian Sport Utility Vehicle (SUV) di Negeri Paman Sam melonjak. Bahkan melorotnya harga BBM dan menyentuh titik terendah dalam tujuh tahun terakhir sudah menggeser tren pasar dari sedan kecil dan menengah ke kendaraan yg lebih besar.

Pergeseran tersebut sudah dinikmati oleh sejumlah pabrikan Amerika Serikat. Ford Motor Company, General Motors, Chrysler, tercatat sudah menikmati keadaan itu karena selama ini mereka sudah memproduksi pikap dan mobil mewah.

Sementara, pabrikan yang berasal Jepang seperti Honda, Nissan, dan Toyota yg lebih banyak memproduksi model yg lebih kecil mengalami keadaan yg sebaliknya. Mobil Honda Civic, Toyota Camry, dan Nissan Altima akan sepi pembeli.

Namun, mereka tidak tinggal diam. Di ajang Detroit Auto Show 2016 yg kini tengah berlangsung, pabrikan-pabrikan itu berlomba launching model anyar dengan ukuran yg lebih besar.

“Kami berusaha meraih lima persen pangsa pasar pikap berukuran besar,” tutur Chairman Nissan bagi wilayah Amerika Utara, Jose Munoz, di ajang pameran itu.

Hingga tahun lalu, pangsa pasar pikap besar yg digenggam oleh Nissan baru 0,6 persen. Nissan tidak sekadar mimpi karena ucapan itu diiringi peluncuran pikap berukuran besar Titan XD.

Peneliti dari lembaga konsultan dan penelitian otomotif kondang Kelley Blue Book, menyebut tahun dulu pangsa pasar SUV, pikap, dan crossover buatan pabrikan Jepang memang bertumbuh. Dan dari total raihan pangsa pasar tersebut, terbesar adalah dari varian pikap.

Total pangsa pasar seluruh varian yang berasal Jepang itu 14,7 persen di 2015. Angka tersebut menurun cukup diginfikan seandainya dibanding raihan pada tahun 2007 yg sebesar 20,5 persen.

Analis senior dari lembaga yg sama, Karl Brauer, menyampaikan meskipun ketika ini sulit untuk pabrikan yang berasal Jepang bagi menggenjot raihan pangsa pasar, namun mereka masih memiliki kesempatan. Menurutnya, konsumen di Amerika Serikat cenderung setia terhadap merek buatan pabrikan dalam negeri.

“(Tapi) seandainya volume (pasar) selalu meningkat mereka (pabrikan Jepang) mampu mengambil dua pangsa pasar baru dari pembeli baru bagi segmen ini. Karena dengan bertambahnya volume pasar (jumlah pembeli meningkat) maka mungkin terbuka bagi model buatan luar negeri,” kata Brauer.

Sementara Toyota, dalam upayanya menarik minat pembeli pikap, tahun dulu launching versi didesain ulang dari pikap kompak Toyota Tacoma. Sedangkan Honda bakal launching pikap Ridgeline.

(arf/arf)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Pasar Sedan Susut, Pabrikan Jepang Pacu Penjualan Pikap

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Sao Paulo -Mengawali kariernya di Geneva Motor Show tahun lalu, nama Jeep Renegade makin meroket. Bahkan di Brazil, mobil paling kecil yg memiliki badge Jeep itu…

Kamis 11 Februari 2016 | Berita Otomotif

Geneva, KompasOtomotif – Sedan Civic generasi kesepuluh telah diperkenalkan pada September dahulu dan tipe bodi kupenya sudah menyapa dunia pada November, kini Honda sedang menyiapkan…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – BestBuddyShop memperkenalkan perangkat televisi berlangganan buat di mobil bernama NexDrive di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. NexDrive yaitu perangkat televisi berlangganan…