Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pasar “Mobil Sejuta Umat” Berharap Pada Loyalis

Senin, Januari 11th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Sulit dipungkiri kalau segmen pasar terbesar pada otomotif nasional, kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle /LMPV) akan tergerus porsinya. Namun, sejumlah kalangan pebisnis otomotif menilai segmen mobil “sejuta umat” ini tetap mulai mendominasi tahun ini, berharap pada loyalis mereka.

Jika mengacu tren pasar mobil nasional periode 2014 dan 2015, terjadi penyusutan penjualan pada segmen Avanza dan kawan-kawan. Data wholesale Gaikindo menunjukan kalau total penjualan di segmen “mobil sejuta umat” tercatat 242.982 unit periode Januari-November 2015, turun 29,9 persen dari periode sama 2014, yakni 341.840 unit.

Porsi LMPV terhadap total pasar juga menyusut cukup dalam dalam beberapa tahun terkahir. Pada periode Januari-November 2014, pangsa pasar LMPV tercatat masih mencakup 30,2 persen terhadap total pasar yakni 1.129.217 unit. Sedangkan tahun berikutnya, periode yg sama, porsinya menyusut tinggal 25,8 persen.

“Memang terjadi pergeseran di pasar dari konsumen LMPV ke LCGC, tapi tetap saja mulai ada loyalis-loyalis di segmen masing-masing. Kijang Innova saja yg baru meluncur, meskipun harganya telah naik, tetap konsumennya banyak,” kata Fransiscus Soerjopranoto, GM Executive Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Rabu (6/1/2015).

Sayang Soerjo, begitu ia akrab disapa, belum mau menjelaskan dengan detail, menyangkut estimasi pasar “mobil sejuta umat” tahun ini.

Persaingan Ketat

Selain milik porsi terbesar di pasar, segmen LMPV di Indonesia juga dikenal sebagai yg paling kompetitif ketika ini. Banyaknya model-model yg telah dilepas ke pasar, membuat persaingan semakin ketat.

Awal 2016 ini, Suzuki telah memulai duluan dengan melepas varian termewah dari produk LMPV andalannya, Ertiga Dreza. September 2015 lalu, “duet maut” Avanza-Xenia juga melakukan ubahan mayor, cukup signifikan dalam hal desain eksterior, mesin, dan level kenyamanannya.

Pertengahan tahun, Honda telah memastikan mulai melepas Mobilio, juga dengan ubahan mayor. Tentu model-model baru ini dipastikan bakal bisa mendongkrak penjualan, sekaligus memperketat persaingan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Pasar “Mobil Sejuta Umat” Berharap Pada Loyalis

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

Baru-baru ini Bugatti sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya benar mulai launching produk baru buat pengganti dari Veyron. Pengganti tersebut bernama Bugatti Chiron. Menurut lansiran Daily Mail…

Selasa 23 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Ada yg beda dalam data wholesales asosiasi kendaraan bermotor Indonesia, Gaikindo, pada Januari 2016, yakni merek yang berasal China, Cherry, menghilang dari…

Kamis 19 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin lengser dari jabatannya. Pria yg akrab disapa Abong itu digantikan Henry Tanoto,…