Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pasar Low MPV Diyakini Masih Moncer Tapi Persaingan Semakin Ketat

Senin, Januari 25th 2016.

Jakarta -Sejumlah pabrikan dikabarkan tengah siap menggelontorkan varian low Multi Purpose Vehicle (MPV) baru pada tahun depan. Melihat fakta tersebut, PT Toyota Astra Motor mengaku tidak risau seandainya harus bersaing dengan mereka karena segmen pasar ini diyakini semakin moncer.

“Tentunya, kehadiran model baru dari merek yang lain harus dilihat dari sisi positifnya, yakni kalian dipacu buat menghadapi persaingan sehat. Sehingga, produk berkualitas dengan harga yg terjangkau harus kami tawarkan. Konsumen sendiri mulai mendapatkan pilihan beragam,” papar Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto kepada detikOto di Jakarta, akhir minggu lalu.

Menurut Henry, pihaknya juga tidak risau dengan semakin banyaknya pemain baru yg masuk ke segmen tersebut. Soalnya, selain varian low MPV Toyota – yakni Avanza- telah lama dikenal dengan baik oleh masyarakat, pasar segmen ini juga selalu berkembang.

“Pasar tentunya juga semakin berkembang, volumenya membesar karena orang yg membutuhkan kendaraan juga bertambah,” kata dia.

Seiring dengan pertambahan kelompok kelas menengah baru di Indonesia, yakni orang-orang muda yg produktif dan menjadi pelaku pergerakan ekonomi nasional, pasar juga membesar. Terlebih, kelompok kelas menengah baru itu menjadi pembeli potensial karena memiliki tingkat pendapatan yg bagus.

Memang, kelompok kelas menengah ini terdiri dari bagian lapis pertama atau low, kemudian menengah atau medium, lapisan tertinggi atau high. Jika masing-masing lapisan di kelompok kelas menengah itu menginginkan mobil, pabrikan sudah menyediakan.

Kelompok terbawah sudah ada mobil murah ramah lingkungan (LCGC), lapisan menengah sudah tersedia low MPV, dan untuk lapisan tertinggi di kelompok kelas menengah tersedia medium MPV. Namun, dari seluruh lapisan itu, lapisan menengah adalah yg terbanyak.

“Potensi pasar low MPV atau MPV secara keseluruhan juga besar karena faktor kebisaan orang Indonesia yg suka bepergian bersama kerabat, teman, atau keluarga,” kata Henry.

Potensi tersebut mulai semakin kuat karena ditopang oleh pertumbuhan ekonomi. Sejumlah lembaga menyebut, tahun ini pertumbuhan diperkirakan mencapai 5-5,1 persen.

“Yang pasti, pertumbuhan diperkirakan lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Kami sendiri belum membuat rilis resmi tentang perkirakan ini. Begitu pun dengan target penjualan,” ucap Henry.

Sementara, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyebut, penjualan ritel Toyota di segmen kendaraan penumpang tahun dulu mencapai 310.314 unit, dengan pangsa pasar 41,2 persen. Varian MPV membukukan penjualan 181.730 unit dengan pangsa pasar 48,7 persen.

Dari jumlah itu, Toyota Avanza berhasil menguasai 45,7 persen pasar segmen low MPV. Saat ini di segmen itu selain terdsapat Avanza dan Xenia, juga ada Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Sementara pada tahun 2017 mulai hadir MPV buatan SAIC Wuling dengan General Motors, dan MPV buatan Mitsubishi Motors.

Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy
Foto: agung pambudhy

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Pasar Low MPV Diyakini Masih Moncer Tapi Persaingan Semakin Ketat

Rabu 2 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jenewa – Akhirnya setelah dua kali bocor ke permukaan tampilan Q2 crossover, kini Audi benar-benar memamerkan kegantengan Q2 Crossover di Geneva Motor Show 2016. Dari…

Rabu 28 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Tokyo – Toyota turut meramaikan segmen Compact Crossover yg kian ramai di dunia. Mobil yg disiapkan Toyota adalah C-HR, sebuah crossover dengan desain yg terinspirasi…

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Harga mobil bekas Ford semakin anjlok menyusul langkah produsen yang berasal AS ini buat hengkang dari pasar otomotif Indonesia kemarin. Senior Manager Marketing…