Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pasar Lagi Turun, Ini Strategi Suzuki

Sabtu, Februari 6th 2016.

Jakarta -Melemahnya perekonomian berdampak pada pangsa pasar industri otomotif. Salah satunya yg dialami Suzuki Indonesia. Pangsa pasar produsen mobil yang berasal Jepang itu turun 2,5 persen di tahun 2015.

4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan menyampaikan situasi perekonomian Indonesia yg kurang kondusif, berdampak pada penjualan dan pangsa pasar Suzuki.

“Market tahun 2015 penjualan retail 1,031 juta. Market turun karena situasi ekonomi kurang kondusif tahun 2015 dimana pertumbuhan ekonomi yg ditargetkan 5,7 persen ternyata turun cuma 4,7 persen,” kata Davy.

Data retail sales Gaikindo pada tahun 2015 mencatat angka penjualan mobil 1.031.422 unit. Dari angka tersebut, total penjualan Suzuki sepanjang 2015 mencapai 122.348 unit dan pangsa pasar 11,9 persen.

Angka tersebut menurun seandainya dibandingkan pada tahun 2014 dengan penjualan 160.490 unit dan pangsa pasar 13,4 persen.

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki yakni Suzuki Ertiga bagi segmen kendaraan penumpang dengan level 13-14 persen dalam kurun waktu 2 tahun (2014-2015).

Di tahun 2015 lalu, Suzuki launching dua mobil seperti Wagon R, New Ertiga, Swift GS, Celerio, serta Ciaz.

Kurang kondusifnya keadaan industri otomotif ini justru membuat Suzuki Indonesia menyiapkan berbagai strategi. Salah satunya, Suzuki terpacu buat meningkatkan investasi di Indonesia melalui pembukaan pabrik baru di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok AC No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat – Bekasi, Jawa Barat dengan total investasi sebesar US$ 1 miliar.

“Karena Suzuki percaya potensi pasar otomotif yg besar di Indonesia ke depannya. Dengan beroperasinya pabrik baru tersebut, diharapkan mampu meningkatkan produksi produk-produk Suzuki sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Pasar Lagi Turun, Ini Strategi Suzuki

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Andai PT Mabua Harley-Davidson (MHD) dan PT Mabua Motor Indonesia (MMI) sebagai agen pemegang merek Harley-Davidson resmi mengumumkan mundur, diyakini mulai sangat…

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

Hyundai akhirnya menyatakan dirinya ikut dalam rencana NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) dalam menerapkan ABS sebagai standar keamanan mobil di tahun 2020. Sebelumnya sudah…

Senin 11 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Kalangan produsen motor tak terlalu mempermasalahkan klasifikasi SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk pengendara motor. Di luar negeri, SIM juga dibeda-bedakan. “Menurut aku ini wajar. Karena…