Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Paket Hemat Bikin Supermoto

Jumat, Januari 8th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Memodifikasi sepeda motor trail menjadi supermoto mampu dibilang tak murah. Kelihatannya simpel, cukup dengan penggantian kaki-kaki saja. Tapi, seandainya dirunut lebih lengkap, item penggantian sangat banyak, dan jelas memakan biaya cukup mahal.

Kendati demikian, ada kiat bagi tampil gaya dengan tunggangan supermoto, tetapi dengan biaya minim. Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 no 6c menyampaikan bahwa intinya adalah fokus pada kaki-kaki.

”Ya memang hanya kaki-kaki yg membedakan supermoto dengan trail biasa. Kalau minim budget, solusinya dimaksimalkan di sektor ini,” ucap Lerry ditemui KompasOtomotif di bengkelnya, (6/1/2016).

Bagaimana penerapannya? Lerry menjelaskan, lebih baik mengorbankan ban bagi membeli pelek yg berkualitas baik. Alasannya, pelek bagus, tak mudah rusak. Sementara ban cepat abis dan bakal kadang mengganti.

”Pemakai supermoto itu merasa pede. Ada lubang dihajar, nggak pakai mikir dulu. Makanya, biar tak cepat bengkok, pilih pelek yg mumpuni,” kata Lerry.

Cukup murah, sesuatu set pelek yg tergolong mahal, minimal merek TK Racing, cuma Rp 2 jutaan. Kalau ingin murah, kata Lerry, masih ada pelek Rp 1 jutaan, tetapi kekuatannya tak menjamin.

Setelah itu, pilih ban lokal yg telah cukup baik, tidak sampai Rp 2 juta. Bandingkan dengan ban impor seperti Pirelli, Avon, Metzeler yg mencapai Rp 4-5 juta.

Rp 4-5 juta telah mengubah trail ”biasa” menjadi supermoto sederhana. Ubahan ini saja menurut Lerry telah cukup bagi ditunggangi harian.

Kalau ingin lebih detail dan biaya yg lebih mahal, ada tingkatan lagi yg lebih tinggi. Biasanya akan mengganti lengan ayun, sokbreker depan upside down, dan berbagai aksesori lainnya. KompasOtomotif mulai memberikan perkiraan harga bagi level lebih tinggi di artikel berikutnya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Paket Hemat Bikin Supermoto

Senin 9 November 2015 | Berita Otomotif

Dallas – Sepasang plat nomor mobil yg membawa Presiden AS John F Kennedy saat ia tewas ditembak sudah laku dilelang seharga US$100.000 atau setara dengan…

Minggu 22 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Salah sesuatu alasan industri komponen Indonesia masih tertinggal dari Thailand dan Malaysia, karena tak ada lembaga yg bertugas khusus buat mengembangkannya. Gabungan…

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Ford menggegerkan dunia otomotif Indonesia 25 Januari 2016 ini. Ford menetapkan buat mundur dari Indonesia. Ada apa gerangan dengan Ford? Padahal dari sisi penjualan, mobil…