Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pakai Baterai Lithium, Mobil Listrik Mahasiswa UGM Bisa Tempuh 40 Km

Selasa, April 12th 2016.

Jakarta – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menunjukkan mobil-mobil listrik karyanya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menampilkan mobil listrik yg memakai baterai lithium dan motor 2 kilowatt (kW).

Luqman Adi Prasetya dari tim Arjuna UGM mengatakan, mobil listrik dengan kapasitas sesuatu awak ini dikembangkan buat mengikuti lomba nasional. Mobil listrik ini memakai motor 2 kW dan baterai lithium.

“Di spek lomba, mobil itu pakainya maksimal 2 kW, 48 volt. Kemudian baterainya pakai baterai lithium. Konsep yg kalian pakai itu pengembangan di bagian kontroler dan battery management system, bagi riset mahasiswa,” kata Luqman kepada detikOto di arena IIMS 2016.

Mobil ini dikembangkan oleh tim Arjuna UGM. Satu tim terdiri dari 20 orang. Di ajang Kompetisi Mobil Listrik Nasional (KMLI), tim Arjuna UGM meraih tujuh prestasi dari 2013 hingga 2015.

“Pengembangan beberapa tahun. Motor listriknya kita impor dari China, baterainya Samsung,” jelas Luqman.

Dia mengatakan, timnya memakai baterai lithium bagi mengurangi bobot mobil. Dengan bobot yg lebih ringan, maka efisiensi makin maksimal.

“Kami pakai baterai lithium bagi reduksi berat. Tahun 2014 itu beratnya 200 kg, ini 130 kg. Lebih efisien daripada pakai baterai aki,” katanya.

Mobil listrik im Arjuna ini dapat menempuh jarak hingga 40 kilometer (km). Kecepatan maksimalnya mampu mencapai 65 km/jam.

“Jarak tempuh mampu sampai 40 km, kecepatan maksimum 65 km/jam. Pengisian baterai 3-4 jam,” sebut Luqman.

Mobil ini memakai motorBLDC HUB 10″ 2 kW dengankontrolerTrapezoidalBLDC 125A 6kW.Sasisnya berupatubularframe 1″ & 3/4″. Sementara sistem pengereman menggunakan rem cakrampiston kaliper tunggal.

Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Pakai Baterai Lithium, Mobil Listrik Mahasiswa UGM Bisa Tempuh 40 Km

Sabtu 20 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Pabrikan mobil yang berasal India, Tata Motors akhirnya menetapkan buat mengganti nama hatchback Tata Zica karena terdengar seperti nama virus. Tata Motors kini milik…

Jumat 30 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif– Toyota Innova generasi kedua rencananya bakal diluncurkan dalam waktu dekat di akhir November 2015. Namun hingga ketika ini MPV 7 penumpang itu belum…

Sabtu 27 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain membuat Rush kini muat 7 orang lengkap dengan sabuk pengaman, Toyota Astra Motor (TAM) juga menawarkan paket suspensi TRD (Toyota Racing…