Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pabrik Mesin Kedua Toyota Mulai Beroperasi

Selasa, Maret 8th 2016.

Karawang – Pabrik mesin kedua punya Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) senilai Rp2,3 triliun akan beroperasi di Kawasan Industri Karawang Jabar Industrial Estate, Jawa Barat.

“Pabrik ini yaitu salah sesuatu pabrik mesin otomotif terkini Toyota di dunia,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin ketika memberi sambutan pada peresmian pabrik tersebut di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016).

Diketahui, pabrik tersebut mulai memproduksi mesin alumunium R-NR dengan bahan bakar bensin dan ethanol buat kendaraan penumpang 1.300cc hingga 1.500cc dengan kapasitas produksi 216 ribu unit per tahun.

Adapun 50-60% produk mesin yg dihasilkan mulai diekspor ke lima negara di dunia, sementara sisanya mulai memenuhi kebutuhan produk kendaraan roda empat di dalam negeri.

Pada kesempatan tersebut, Saleh memuji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada pabrik seluas 150 hektare tersebut yg mencapai 80 persen dan menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja.

Adapun jumlah pemasok lokal baru bagi produksi mesin R-NR ini sebanyak 12 perusahaan, dan mulai didukung dengan pengoperasian Toyota Learning Center ketiga yg bertugas bagi membangun kapabilitas karyawan TMMIN di area produksi mesin.

“Langkah Toyota bagi memperkuat struktur industri otomotif dalam negeri melalui pembangunan pabrik engine ini sangat tepat, apalagi seperti yg kami tahu market share Toyota di Indonesia hingga ketika ini sudah lebih dari 32%,” ujar Saleh.

Dengan penguasaan pasar yg semakin besar tersebut, Saleh meminta agar perusahaan otomotif yang berasal Jepang tersebut selalu meningkatkan penggunaan dan pendayagunaan produk dan jasa enjonering lokal dalam kegiatan produksinya.

Dengan demikian, TMMIN kini memiliki beberapa pabrik mesin di Indonesia, di mana yg pertama terletak di Sunter 1 yg memproduksi stamping parts/ dies dan iron casting, serta mesin bensin dan etanol tipe TR buat kendaraan Kijang Innova dan Fortuner. [tar]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Pabrik Mesin Kedua Toyota Mulai Beroperasi

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –Total terdapat 19 merek yg ikut meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mereka masing-masing mewakili negara asal, seperti Jepang, Korea Selatan,…

Kamis 29 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Beberapa waktu lalu, KompasOtomotif berhasil mendapatkan keterangan resmi dari sumber tepercaya Toyota mengenai perubahan hingga jadwal peluncuran All New Toyota Kijang Innova. Kali…

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tangerang Selatan -Demi keamanan pengguna, kantung udara alias airbag sekarang yaitu fitur keamanan yg wajib dimiliki sebuah mobil. Apalagi mobil mewah seperti Mercedes-Benz. Dalam sebuah mobil…