Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Pabrik Esemka Telan Investasi Triliunan Rupiah

Senin, Maret 21st 2016.


Solo, KompasOtomotif
– PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) ketika ini tengah membangun pabrik perdananya di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Fasilitas ini memanfaatkan lahan sekitar 13 hektar dan bakal terdiri dari dua bagian, akan dari showroom, kantor pusat, pemasaran, dan termasuk pabrik perakitan (assembling).

Dari perbincangan KompasOtomotif bersama Bupati Boyolali Seno Samodro, terungkap kalau status tanah yg digunakan buat pendirian pabrik, masih berstatus sewaan, punya Desa Demangan. Tapi, terbuka opsi pembelian oleh si penyewa, dalam hal ini, ACE.

Tapi, berapa dana yg disiapkan ACE bagi mendirikan pabrik?

“Seingat aku dalam perbincangan itu nilainya sekitar Rp 2,2 triliun. Tapi itu tahap awal, aku tak tahu perkembangannya karena belum ada kabar,” ucap Seno ketika ditemui KompasOtomotif, Boyolali, Minggu (13/3/2016).

Investasi ini, kata Seno, memang terbilang jauh dari pusat kota. Tetapi, apa yg dikerjakan ACE tergolong baik, karena menurutnya, mampu mendongkrak perkonomian Kota Boyolali secara khusus. Selain tidak mengurangi jumlah industri, mengurangi angka pengangguran dengan penyerapan tenaga kerja, sekaligus jadi industri pionir di sektor otomotif.

Seno melanjutkan, mulai ada upaya dari pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah pusat, buat mendukung dalam hal infrastruktur, terutama akses jalan.

“Nanti mulai ada pelebaran jalan buat menjuju pabrik. Mulai dari Bangka-Sambi dan Sambi-Mangu. Saya telah menyiapkan dana alokasi dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 13 miliar buat pembangunan jalan di sana. Jalan itu nantinya juga mulai menjadi jalan nasional, rencananya,” kata Seno.

Stanly/KompasOtomotif Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali

Tanah Sewa

Kembali membahas soal status tanah sewaan, Seno mengaku tak ingat berapa nilai yg harus dikeluarkan ACE kepada Desa Demangan bagi pemanfaatan lahan. “Tanah yg digunakan yaitu lahan sewa, tetapi buat detail harga aku tak ingat berapa-berapanya. Besar kemungkinan nanti juga mulai dibeli,” ucap Seno.

Sedangkan Wijiyanto, Kepala Desa Demangan, mengatakan, dirinya pun tak mengingat jelas total harga sewa. Tetapi, saat proposal masuk ke pihak Desa Demangan pada 2014, terdiri dari beberapa jenis.

 “Proposalnya itu ada dua. Pertama, sewa tiga tahun. Sedangkan satunya lagi 30 tahun. Nilai berapanya itu aku tak ingat, takut salah menyebutkan,” ucap Wijayanto kepada KompasOtomotif, Jumat (18/3/2016).

Laporan segera wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Geliat Mobil Merek Nasional Esemka

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Pabrik Esemka Telan Investasi Triliunan Rupiah

Minggu 27 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -KTM berencana bagi menghapus varian KTM RC dan Duke 125, 200,dan 390cc secara bertahap. Sebagai gantinya, pabrikan yang berasal Austria itu sedang mengembangkan model baru…

Rabu 20 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif – Banyak spekulasi yg muncul jauh sebelum Yamaha mengumumkan kepergian Lorenzo ke Ducati, (18/4/2016). Salah satunya, pebalap kedua bagi mengisi kursi lowong Yamaha…

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

California, KompasOtomotif – Yamaha FJR1300 telah menjadi ikon sport-touring dunia. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 2002, model ini selalu berevolusi dan semakin banyak…