ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Orang Nomor Satu V-Kool Pernah Jadi Penjaga Gudang

Senin, Desember 14th 2015.

Kehidupan ini sangat indah. Tak segala perjalanan hidup manusia berjalan dengan mulus. Tentu banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya. Kuncinya adalah kesabaran, keteguhan hati, memiliki prinsip yg kuat, jujur, apa adanya, dan terus melakukan inovasi. Di balik kesuksesan seseorang, ada kisah-kisah mengharukan dan menyedihkan. Semua itu adalah proses yg harus dilalui. Mulai hari ini, Kompas.com menurunkan serial artikel “Success Story” tentang perjalanan tokoh yg inspiratif. Semoga pembaca mampu memetik makna di balik kisah.

Jakarta, KompasOtomotif – Otak encer plus ambisi besar buat menjadi yg terbaik adalah gambaran sosok Darma Eddie Salim, saat kuliah di Kanada dan Amerika Serikat. Orang nomor sesuatu PT V-Kool Indo Lestari ini milik segudang pengalaman hidup di negeri orang, yg menjadi pegangan dalam kariernya sebagai pengusaha.

Di usia 22 tahun, Eddie telah menyelesaikan program master di Stanford University, Palo Alto, Amerika Serikat. Pengalaman indahnya di Stanford University amat membekas dan membentuk karakter kuat untuk Eddie.

“Sebenarnya masih ada keinginan buat sekolah lagi di ambil jurusan Activisial Intelegent di Stanford Juga. Saya pikir seru dapat bikin robot yg mirip manusia. Tapi sayang tak keterima, dan aku sempat kecewa. Tapi kalau kalian lihat ke belakang, sering keinginan kami tidak jarang tak terus tercapai, dan kami harus tahu batas kemampuan dan kemungkinan,” jelas Eddie ketika berbincang dengan KompasOtomotif dua waktu lalu.

Pulang ke Indonesia

Tahun 1982, dirinya diminta pulang ke Indonesia bagi menolong bisnis keluarga. Akhirnya Eddie menetapkan memenuhi panggilan orang tua buat kembali ke Tanah Air, setelah 10 tahun lebih berada di negeri orang. Bisnis keluarganya telah berkembang pesat di bidang suku cadang kendaraan, aksesori otomotif dan alat-alat furnitur.

“Sebelum kembali ke Indonesia, sempat ada tawaran dari Pemerintah Singapura di teknik sipil. Ini memang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, tetapi entah kenapa waktu itu aku malah minat ke bisnis atau dunia komputer,” lanjut pria murah senyum ini.

Mada/Kompas.com Predisen Direktur PT V-Kool Indolestari Darma Eddie Salim

Setelah berada di Indonesia, Eddie memilih membuka usaha sendiri bersama teman-temannya dengan membuka sekolah komputer di bilangan Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat pada tahun 1983. Sekolah komputer ini bernama Gilford (kependekan dari McGill dan Stanford). Sayang usahanya ini cuma bertahan tiga tahun, karena ketika itu yg milik minat komputer masih sedikit sekali.

“Ada pepatah China, bahwa kegagalan adalah ibu dari keberhasilan. Setelah menjajal usaha sendiri, akhirnya aku total menolong bisnis keluarga. Semua aku pelajari dari bawah, karena aku memang belum milik pengalaman di bidang ini.” lanjut Eddie.

Penjaga gudang

Meski masuk di bisnis keluarga, tidak serta merta membuat Eddie memegang jabatan penting. Malah, Eddie disuruh bagi memulai dari nol dengan mengenal seluruh macam barang dan belajar di gudang. Jabatan pertamanya adalah asisten kepala gudang.

“Saya tak minder meskipun lulusan S2 di AS, tetapi cuma jadi asisten kepala gudang. Saya harus berpikir positif karena pasti ada tujuannya mengapa aku harus menjaga gudang. Jadi aku jalani saja. Tak lama aku naik jabatan jadi sales di kantor,” terang Eddie sambil tersenyum mengingat pengalamannya.

Akhirnya Eddie pun dipercaya memegang penuh kendali bisnis keluarga setelah dapat menangani badai krisis di awal tahun 90-an. Dia bercerita waktu itu bisnis kayu yg digepang saudaranya mengalami kegagalan sampai-sampai menggoyang segala bisnis keluarga. Tapi Eddie milik solusi jitu hingga dapat membawa perusahaan mendapatkan jalan keluar.

Berbekal pengalaman di bisnis keluarga, Eddie mendapatkan kesempatan bagi keluar dari zona nyaman setelah bertemu dengan V-Kool. Bagaimana kelanjutan kisahnya, simak selalu Success Story Darma Eddie Salim di KompasOtomotif. Bersambung

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Success Story Presdir V-Kool Indonesia, Darma Eddie Salim

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Orang Nomor Satu V-Kool Pernah Jadi Penjaga Gudang

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tabloid Motor Plus kembali menggelar Motor Plus Award 2016 (MPA), Kamis (7/4/2016), bertepatan dengan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS). Penghargaan ini…

Kamis 21 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) yaitu segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia. Sepanjang 2015, penjualan di segmen ini sentuh…

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Postingan di media sosial soal kelakuan miring sejumlah anggota polisi nakal masih berlanjut. Kini seorang netizen bernama Arthur membagikan sejumlah foto razia polisi di jalan…