Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Nissan Navara Tembus Bahaya Longsor Di Trans Flores

Sabtu, April 30th 2016.

Sape, KompasOtomotif – Tim Navara “Jelajah Tanpa Batas” kembali melanjutkan perjalanan menaklukkan petualangan mendaki 50 gunung dalam 40 hari. Kali ini, tim harus melintasi Jalur Trans Flores yg melelahkan, karena berjarak 664 kilometer dari Labuan Bajo di Manggarai Barat, sampai Larantuka di Flores Timur.

Jalur ini terkenal milik pemandangan memesona, namun treknya cukup berbahaya: rawan longsor dan banyak tikungan tajam. Perjalanan dimulai dari Ende menuju Labuan Bajo, total 383 kilometer.

Perjalanan ini menuntut konsentrasi tinggi, karena jalurnya cukup menantang. Meski aspal yg dilalui rombongan cukup bersahabat, tapi jumlah tikungan, tanjakan, dan turunan yg harus dilalui sampai tak terhitung. Sepanjang jalan, mayoritas panorama didominasi pegunungan dan perbukitan hijau.

Ketangguhan Navara dan X-Trail di jalan aspal (on the road) diuji dalam perjalan ini. Seolah memang didesain sebagai pikap perkotaan, kedua andalan Nissan ini tanpa persoalan melahap jalur panjang ini.

Longsor

Tetapi, bukan petualangan kalau tak menemukan hambatan selama perjalan. Saat melintasi jalur ini, tim juga harus melalui dua titik rawan, salah satunya di Jalan Raya Ende-Maumere. Tepatnya, akan kilometer 14-20, rombongan harus menghadapi perbukitan yg longsor.

Akibat bencana alam musiman ini, diberlakukan buka-tutup jalur. Setiap kendaraan yg lewat harus bergantian, karena jalurnya menjadi curam dan sempit bagi dilalui. Belum lagi jalan yg tertutup bebatuan cadas.

Sebenarnya rintangan ini bukan hal yg besar untuk X-Trail, apalagi Navara yg milik sistem penggerak 4×4. Tanpa kendala berarti, jalan berbatuan dilalui tanpa kendala berarti.

Sasri/KompasOtomotif Tim dalam perjalanan menuju Tambora.

Keriting

Kembali melanjutkan perjalanan, tim kini mengarah menuju Taman Nasional Kelimutu, yg terletak 60 km dari Kota Ende. Jalur selanjutnya adalah dari Kelimutu menuju Bajawa, juga tidak kalah menegangkan. Kalau melihat sistem navigasi online, jalan yg dilalui seperti rambut keriting, berliku-liku tanpa ujung.

Jalurnya terdiri dari tanjakan dan turunan tajam serta belokan curam, sepanjang 185 Km atau lima jam perjalanan. Pada kesempatan ini juga, dua fitur unggulan Navara, seperti Super Hill Distance Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA) berguna.

Pengemudi tidak perlu khawatir mobilnya “menggelundung” ke belakang atau maju saat di tanjakan atau turunan. Sistem ini mulai membuat mobil berhenti tiga detik, buat mengakomodasi perpindahan kaki dari pedal rem ke gas, sehingga tak kehilangan momentum.

Beberapa lokasi yg harus dilalui tim kali ini, membentang dari barat sampai timur Pulau Timor, melintasi dua tempat wisata ternama, seperti Labuan Bajo, Ruteng, Aimere, Bajawa, Maumere, Moni, Ende, sampai Larantuka.

Setelah mendaki Gunung Kelimutu dan Inerie dan melintasi Trans Flores dari Ende ke Labuan Bajo, tim “Jelajah Tanpa Batas” menyeberang dari Labuan Bajo ke Sumbawa buat mendaki Gunung Tambora

Dari Bajawa tim Navara ‘Jelajah Tanpa Batas’ melanjutkan perjalanan ke Ruteng, dengan jarak 136 Km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Terakhir, dari Ruteng menuju Labuan Bajo yg adalah pintu masuk Taman Nasional Komodo, jalurnya disebut-sebut paling ekstrem.

Sepanjang 132 kilometer didominasi tanjakan dan turunan tajam, dengan belokan 180 derajat yg bikin jantung deg-degan. “Ini rute paling parah. Banyak tanjakan,” tutur Rusdi, salah sesuatu supir tim Navara “Jelajah Tanpa Batas” ketika datang di Labuan Bajo, Rabu (27/4/2016).

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khususKompas.com pada laman “Ekspedisi Alam Liar – 50 Gunung 40 Hari”. Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat memakai mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Ekspedisi Alam Liar

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Nissan Navara Tembus Bahaya Longsor Di Trans Flores

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bologna, KompasOtomotif – Bocoran jantung pacu Sport Utility Vehicle (SUV) pertama Lamborghini, Urus telah terungkap. Meski belum dikonfirmasi, tetapi Urus dikabarkan mulai menggendong mesin V8…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Sebuah survei yg sudah dikerjakan oleh JD Power menemukan fakta baru. Survei tersebut mengamati pola pembeli mobil yg ketika ini sudah mengalami pergeseran kebutuhan. Dulu,…

Kamis 21 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Honda sebagai merek kendaraan roda beberapa di Indonesia memang sangat mengakar. Bahkan di dua daerah di Wilayah Indonesia, Honda telah menjadi merek…