Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Nissan Indonesia Bicara Perkembangan Hibrida

Jumat, Januari 15th 2016.

Purwakarta, KompasOtomotif – Mesin pembakaran dalam yg butuh bahan bakar alam tak tergantikan cepat atau lambat bakal ditinggalkan karena kami tak dapat selalu ketergantungan. Banyak manufaktur dunia yg yakin tenaga listrik atau fuel cell adalah solusi pengganti, namun sebelum mencapai ke titik itu hibrida dianggap jadi jembatannya.

Hibrida sudah menjadi tren otomotif global. Penggunaan beberapa sumber tenaga penggerak pada sesuatu mobil menghasilkan tiga hal penting, merupakan lebih sedikit pemakaian bahan bakar, menghasilkan jarak tempuh maksimal, dan emisi dinilai tak level berbahaya.

Kendati digemari dunia, mobil produksi massal hibrida belum menunjukan perkembangan berarti di Indonesia.

Model-model hibrida yg dijual di Indonesia sebenarnya terbilang banyak, merupakan Prius, Camry Hybrid, Honda CR-Z, X-Trail Hybrid, dan Infiniti Q50 Hybrid. Selain itu Lexus Indonesia juga pernah menawarkan dua model seperti GS450 Hybrid, LS600 Hybrid, RX450 Hybrid, serta jangan lupakan Porsche Indonesia yg bersiap menjual Cayanne S E-Hybrid atau Panamera S E-Hybrid bila ada pesanan.

Ada banyak alasan kenapa hibrida tak digemari masyarakat, salah sesuatu yg paling tidak jarang diungkapkan merupakan harganya terlalu mahal. Kondisinya sekarang penjual hibrida cuma mampu bertahan sampai ada kabar baik yg jadi penerang jalan.

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy & Product Planning Nissan Motor Indonesia (NMI) yg baru menjual X-Trail Hybrid sejak November 2015 dulu menjelaskan konsumen mobil hibrida di dalam negeri terbatas. Harga jual telah menyeleksi sendiri siapa pembelinya.

“Pasar hibrida mulai tetap stabil, kecuali pemerintah dapat kasih keuntungan,” kata Budi. Ia juga menyampaikan keadaan sekarang penjualan model hibrida mencapai 10 – 15 unit per bulan.

Masalah

Walau diprediksi stabil, bukan berarti tak ada tantangan. Menurut Budi ada dua hal yg sangat memengaruhi performanya, yakni nilai tukar rupiah, tren industri yg berubah, dan kompetisi dari mesin berkapasitas kecil yg dilengkapi turbocharger.

Febri Ardani Mesin 1.0 liter EcoBoost

Budi menjelaskan dalam pandangan global, mesin cc kecil dengan turbocharger bisa menjadi pesaing serius karena memiliki keunggulan dasar menyerupai hibrida. Mesin demikian mampu menghasilkan performa baik namun irit bahan bakar. Fitur dan teknologinya disebut bersaing dengan hibrida.

paultan Mesin New Kappa 1.0L T-GDI dari Hyundai, mulai menyaingin mesin EcoBoost dari Ford.

Sistem induksi memakai turbocharger adalah salah sesuatu inovasi manufaktur menghambat kepunahan mesin pembakaran dalam. Salah sesuatu yg unggul soal itu adalah Ford yg menghasilkan teknologi EcoBoost. Pada mesin 1.0L EcoBoost mampu menghasilkan tenaga sampai 123 tk dan torsi 200 Nm yg setara mesin konvensional 1.5L.

“Ini juga mulai jadi tren di Indonesia, bergerak ke arah sana. Bayangan aku secara harga (mesin kecil turbocharger) tak semahal hibrida,” kata Budi.

Hasil penjualan model hibrida di Indonesia menurut data wholesales Gaikindo:

2014
Camry Hybrid 2.5L 233 unit
Prius 1.5L 3 unit
Honda CR-Z 119 unit
Lexus GS450 Hybrid 3.5L 5 unit
Lexus LS600 Hybrid 5.0L 12 unit
RX450 Hybrid 4.5L 4X4 2 unit

2015
Camry Hybrid 2.5L 92 unit
Prius 1.5L 0 unit
Honda CR-Z 1.5L 139 unit
X-Trail Hybrid 2.5L 10 unit (data sementara)
Infiniti Q50 Hybrid 3.5L 0 unit
Lexus LS600 Hybrid 5.0L sedan 0 unit
RX450 Hybrid 4.5L 4X4 0 unit

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Nissan Indonesia Bicara Perkembangan Hibrida

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Texas -Toyota berkolaborasi dengan Microsoft buat mendirikan perusahaan terbaru, Toyota Connected. Kerja sama keduanya mulai fokus pada manajemen dan pengembangan data layanan internet yg digunakan pada…

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bicara Yamaha di Indonesia tak melulu soal sepeda motor. Khusus memperingati Hari Ibu yg dirayakan setiap 22 Desember, Yamaha Indonesia berinisiatif mengubah…

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Soal busana MarchInVashion pada Nissan March 1.2L A/T telah diulas kini saatnya masuk ke kabin. Apa sih yg didapat konsumen kalau beli…