Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

‘Negara Yang Maju Adalah Negara Yang Industrinya Maju’

Sabtu, April 2nd 2016.

Jakarta -Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian bertekad memajukan industri di Indonesia. Salah satunya adalah industri otomotif. Sebab, negara yg maju adalah negara yg industrinya juga maju.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian memiliki Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035. RIPIN itu membahas rencana bagi mengembangkan seluruh sektor industri di Indonesia, termasuk industri otomotif.0

“Dalam hal ini pengembangan industri nantinya kami mulai mendapatkan satu goal di mana negara kalian sebagai negara industri. Kita tahu negara yg maju adalah negara yg industrinya maju,” kata frida Suston Niar yg mewakili Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) ketika persentasi di acara ‘IPSOS Indonesia’s Automotive Outlook 2020’.

Dia menyebut, bagi mendukung hal itu, pihaknya coba melakukan berbagai inovasi. Pemerintah mulai mengeluarkan kebijakan-kebijakan khususnya insentif.

“Selalu kalian melakukan promosi investasi bagaimana menarik industri kendaraan bermotor masuk ke Indonesia kalian terus menyebutkan, Indonesia is big market. Tapi mereka (investor) pertanyakan, ‘Apa yg dapat dikasih ke kami’,” kata Afrida.

Menurutnya, di dua negara yg industri otomotifnya maju seperti Thailand memang memiliki fasilitas dari pemerintahnya yg sangat menolong industri otomotif. Namun masalahnya, Kemenperin tak bekerja sendirian melainkan butuh kerja sama dengan kementerian yang lain yg terkait.

“Kami ingin memberikan itu juga. Tapi di sisi lain, bukan kalian yg menerbitkan insentif fiskal, kita harus mengusulkan ke Kementerian Keuangan. Ini permasalahan yg sering kalian hadapi. Karena masing-masing kementerian milik kepentingan. Sehingga sering kala kalian harus berjuang buat mendapatkan (keringanan) tax (pajak) ini,” sebut Afrida. (rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article ‘Negara Yang Maju Adalah Negara Yang Industrinya Maju’

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Nusa Dua -Setelah menjajal di sirkuit Jepang, Honda mengajak detikOto dan puluhan media nasional bagi coba BR-V di Bali. Hari pertama, detikOto segera duduk di kursi…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Washington DC – Para produsen mobil sepakat memasang sistem pengereman darurat yg bekerja otomatis bagi seluruh kendaraan yg dipasarkan di wilayah AS pada September 2022.…

Senin 11 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Royal Enfield turut berpartisipasi pertama kalinya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yg berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 7-17 April 2016. Brand…