ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Negara Sedot Rp 100 T Per Tahun Dari Otomotif

Rabu, Maret 30th 2016.

 

Jakarta, KompasOtomotif – Bisnis otomotif di Indonesia milik nilai ekonomi sangat tinggi, jumlahnya mencapai ratusan triliun rupiah setiap tahunnya cuma dari penjualan mobil saja. Bahkan, potensi yg termanfaatkan sekarang hanya secuil dan mengingat populasi penduduk di Indonesia lebih dari 250 juta manusia kemampuannya dapat meningkat.

Ketua umum Gaikindo (Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia) buat periode 2016 – 2019, Yohannes Nangoi, menjelaskan, Gaikindo adalah asosiasi terbesar di Indonesia bila diukur dari kontribusi pajak ke pemerintah, jumlah penyerapan tenaga kerja, dan penghasil devisa dari produk ekspor.

Hasil itu didapat dari kinerja para anggota Gaikindo yg berasal dari kalangan perusahaan industri otomotif dalam negeri, Saat ini jumlah keanggotaan Gaikindo mencapai 43 yg terdiri dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), distributor, dan manufaktur.

“Dari sisi kontribusi perpajakannya, jika saja sesuatu tahun menjual 1 juta mobil itu berarti sekitar Rp 300 triliun nilai kendaraan. Dari situ ada pajak, kira-kira Rp 100 triliun yg kalian bayar ke pemerintah. Ini sangat besar pemasukannya,” ucap Nangoi ketika konferensi per Gaikindo di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Penjualan mobil di Indonesia menembus 1 juta unit per tahun sejak 2012. Mulai 2014, penjualan domestik Indonesia mengalahkan Thailand dan menobatkannya menjadi negara terlaris di antara seluruh pasar se-Asia Tenggara.

Asumsinya bila penjualan mobil 1 juta unit, itu berarti cuma 0,4 persen warga negara yg membeli mobil dari total penduduk Indonesia.

Nangoi menyampaikan industri otomotif masih mampu ditingkatkan lagi. Maka itu di bawah kepemimpinannya, ia ingin Gaikindo berperan menjadi mitraaktif untuk pemerintah dengan cara memberikan masukan buat pengembangan kebijakan. Tujuannya, agar membangun industri otomotif.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Negara Sedot Rp 100 T Per Tahun Dari Otomotif

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan dalam siaran resminya, Selasa (26/4/2016), keran ekspor MPV Innova dan SUV Fortuner kembali dibuka pada Maret…

Senin 8 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Seberapapun besarnya keinginan Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggeser citra merek ke mobil penumpang, tetap saja tak dapat dipungkiri andalan penjualan ada di…

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Santernya kabar Mabua Harley-Davidson yg tak memperpanjang keagenan telah sampai ke telinga pengguna motor gede Amerika tersebut. Mereka khawatir dibuatnya. Utamanya soal servis maupun ketersediaan…