Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Negara Sedot Rp 100 T Per Tahun Dari Otomotif

Rabu, Maret 30th 2016.

 

Jakarta, KompasOtomotif – Bisnis otomotif di Indonesia milik nilai ekonomi sangat tinggi, jumlahnya mencapai ratusan triliun rupiah setiap tahunnya cuma dari penjualan mobil saja. Bahkan, potensi yg termanfaatkan sekarang hanya secuil dan mengingat populasi penduduk di Indonesia lebih dari 250 juta manusia kemampuannya dapat meningkat.

Ketua umum Gaikindo (Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia) buat periode 2016 – 2019, Yohannes Nangoi, menjelaskan, Gaikindo adalah asosiasi terbesar di Indonesia bila diukur dari kontribusi pajak ke pemerintah, jumlah penyerapan tenaga kerja, dan penghasil devisa dari produk ekspor.

Hasil itu didapat dari kinerja para anggota Gaikindo yg berasal dari kalangan perusahaan industri otomotif dalam negeri, Saat ini jumlah keanggotaan Gaikindo mencapai 43 yg terdiri dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), distributor, dan manufaktur.

“Dari sisi kontribusi perpajakannya, jika saja sesuatu tahun menjual 1 juta mobil itu berarti sekitar Rp 300 triliun nilai kendaraan. Dari situ ada pajak, kira-kira Rp 100 triliun yg kalian bayar ke pemerintah. Ini sangat besar pemasukannya,” ucap Nangoi ketika konferensi per Gaikindo di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Penjualan mobil di Indonesia menembus 1 juta unit per tahun sejak 2012. Mulai 2014, penjualan domestik Indonesia mengalahkan Thailand dan menobatkannya menjadi negara terlaris di antara seluruh pasar se-Asia Tenggara.

Asumsinya bila penjualan mobil 1 juta unit, itu berarti cuma 0,4 persen warga negara yg membeli mobil dari total penduduk Indonesia.

Nangoi menyampaikan industri otomotif masih mampu ditingkatkan lagi. Maka itu di bawah kepemimpinannya, ia ingin Gaikindo berperan menjadi mitraaktif untuk pemerintah dengan cara memberikan masukan buat pengembangan kebijakan. Tujuannya, agar membangun industri otomotif.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Negara Sedot Rp 100 T Per Tahun Dari Otomotif

Sabtu 2 Januari 2016 | Berita Otomotif

Milan -Kota Milan, Italia, memberlakukan peraturan bagi melarang mobil yg mengaspal di jalanan kota pada waktu tertentu. Hal itu dikerjakan bagi mengurangi polusi udara di Negeri…

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –Total terdapat 19 merek yg ikut meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mereka masing-masing mewakili negara asal, seperti Jepang, Korea Selatan,…

Selasa 17 November 2015 | Berita Otomotif

Milan -Teror di Paris, Prancis mengagetkan dunia. Bos Ducati Claudio Domenicali menyatakan keprihatinannya atas insiden yg mengakibatkan ratusan nyawa tewas, termasuk warga Italia. “Pertama-tama kalian masih…