Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Nasihat Gaikindo Untuk Merek China Di Indonesia

Selasa, Februari 23rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Dua merek yang berasal China, SAIC-GM-Wuling (SGMW) dan Sokonindo Indonesia (SI) bersiap meramaikan industri otomotif nasional akan tahun depan. Kedua produsen itu mulai bermain disegmen kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) dengan menawarkan harga lebih murah.

Menurut Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Noegardjito, bagi mampu berhasil di pasar otomotif Indonesia, tak dapat mengandalkan harga murah. Tetapi, harus disertai dengan jaringan purna jual di setiap wilayah.

“Karena menawarkan mobil lebih murah saja tak mulai laku, kalau tak disertai dengan pembangunan jaringan purna jual. Intisarinya di situ kalau mau sukses. Kalau cuma milik sesuatu jaringan penjualan di setiap kota, itu tak mulai laku,” ujar Noegardjito usai acara meeting umum anggota Gaikindo 2016, di hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2016).

Noegardjito melanjutkan, membangun jaringan purna jual lebih sulit dan mahal ketimbang membuat pabrik. Sebab, biaya yg harus dikucurkan tidaklah sedikit, minimal masing-masing wilayah berdiri beberapa atau tiga diler 3S (Sales, Service, Sparepart).

“Kalau cuma bangun pabrik saja di Indonesia dijamin tak mulai laku. Tetapi, kalau bangun pabrik dan juga jaringan purna jualnya banyak, maka masyarakat mulai mencarinya dan dapat bersaing dengan produsen lainnya yg telah lebih dahulu ada di Indonesia,” ungkap Noegardjito.

Bagi beberapa produsen yang berasal China itu, lanjut Noegardjito, harus mampu seperti itu seandainya ingin bertahan dan bersaing dengan merek yang lain di Indonesia. “Kalau telah seperti itu, semuanya berjalan dengan lancar, termasuk penjualan,” kata Noegardjito.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Nasihat Gaikindo Untuk Merek China Di Indonesia

Sabtu 26 Desember 2015 | Berita Otomotif

California -Cara unik dikerjakan produsen mobil listrik Amerika, Tesla dalam menyambut hari Natal. Tesla membuat video musik dengan memakai tiga unit Tesla Model X. Penasaran seperti…

Senin 14 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Skuter-skuter merek Peugeot bakal akan kadang ”ditemukan” di jalanan. Pasalnya, PT Garansindo International Motors sebagai agen pemegang merek (APM) Peugeot Scooters di…

Kamis 29 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Laba bersih dari grup bisnis otomotif PT Astra International Tbk (Grup Astra) turun 10 persen sepanjang Januari-September 2015 di bandingkan periode sama…