Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mulai GP China, Kualifikasi F1 Kembali Ke Format Tahun Lalu

Jumat, April 8th 2016.

Jakarta -Setelah diprotes banyak pihak, format baru kualifikasi Formula 1 tak mulai dipakai lagi. Mulai GP China, kualifikasi F1 mulai menggunakan format tahun lalu.

Format baru kualifikasi F1, dengan sistem eliminasi, menuai reaksi negatif dari tim, pebalap, maupun penggemar. Menurut tim dan pebalap, format tersebut merepotkan. Sementara buat penggemar, format itu dianggap membingungkan.

Format baru kualifikasi tersebut sudah dipakai di GP Australia dan GP Bahrain. Dalam beberapa seri tersebut, pebalap Mercedes Lewis Hamilton merebut pole position.

Seusai GP Bahrain, pemangku kepentingan F1 kembali melakukan rapat bagi membahas masalah kualifikasi ini. Autosport melaporkan bahwa 11 tim F1 kompak meminta agar kualifikasi kembali ke format tahun 2015.

Desakan itu akhirnya dituruti oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan manajemen F1 (FOM). Dalam pernyataan bersamanya, FIA dan FOM menyatakan bahwa format kualifikasi tahun dahulu mulai kembali digunakan akan GP China, 17 April mendatang.

“Atas permintaan bulat dari tim-tim dalam sebuah surat yg diterima hari ini, Jean Todt, Presiden FIA, dan Bernie Ecclestone, perwakilan pemegang hak komersial, menyetujui, demi kepentingan kejuaraan, buat mengajukan proposal ke Komisi F1 dan World Motor Sport Council bagi kembali ke format kualifikasi 2015,” demikian pernyataan FIA dan FOM yg dilansir situs resmi F1.

Pemakaian format kualifikasi tahun dahulu di GP China kini tinggal menunggu pengesahan dari Komisi F1 dan World Motor Sport Council. Akan tetapi, menurut Autosport hal ini hanya formalitas belaka.

Format kualifikasi tahun 2015, yg telah dipakai sejak 2010, dibagi ke dalam Q1, Q2, dan Q3. Enam mobil paling lambat mulai dieliminasi di akhir Q1 dan Q2. Sepuluh mobil yg tersisa mulai berebut pole position di Q3. Posisi start mulai ditentukan oleh catatan waktu di akhir kualifikasi. (mfi/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mulai GP China, Kualifikasi F1 Kembali Ke Format Tahun Lalu

Senin 18 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Bosan dengan reality show yg memamerkan keseharian para seleb? Coba saja tonton reality show motorsport pertama di Indonesia, Nissan GT Academy Indonesia. Reality show motorsport…

Kamis 31 Desember 2015 | Berita Otomotif

KompasOtomotif – Ada stigma yg beredar bahwa pickup kabin ganda yg identik dengan mobil niaga memiliki ayunan suspensi yg keras. Alasan yg mengemuka adalah hal…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Berhentinya PT Mabua Motor Indonesia sebagai agen Harley-Davidson menjadi angin duka untuk para karyawan Mabua. Sejak awal 2015, pemutusan karyawan sudah dikerjakan oleh pihak Mabua…