Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Motor Kedua Jadi Penentu Kemenangan Marquez

Minggu, April 3rd 2016.

Rio Hondo Marc Marquez mengakui pergantian motor krusial buat kemenangannya di MotoGP Argentina. Di atas motor kedua, rider Repsol Honda itu merasa lebih yakin diri.

Marquez memetik kemenangan perdana musim ini dalam balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2016) dinihari WIB. Dia unggul 7,679 detik dari pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yg finis runner-up.

“Saya sangat senang dengan kemenangan pertama musim ini karena kita sudah bekerja sangat keras selama pramusim, di balapan Qatar, dan di sini. Ini adalah Minggu yg spesial dengan perubahan ban dan keadaan cuaca,” ujar Marquez dikutip Crash.

“Ketika kalian mendengar balapannya mulai seperti di Australia (2013), segala orang di garasi tertawa karena kesalahan yg kalian lakukan ketika itu. Ini adalah kemenangan perdana musim ini dan setelah kejadian di Australia, ini utama buat tim saya,” tambah pebalap 23 tahun itu, menyinggung insiden diskualifikasi untuknya karena telat mengganti motor.

Lebarnya jarak antara Marquez dan Rossi ini terjadi tidak terlepas dari adanya aturan pergantian motor di tengah balapan. Pada periode pertama balapan, keduanya sejatinya dalam jarak yg dekat dan sempat terlibat pertarungan ketat.

[Baca juga: Pergantian Motor Jadi Antiklimaks Duel Marquez-Rossi]

Namun setelah mengganti motor –keduanya masuk pit di putaran yg sama– Marquez tampak melaju lebih kencang dari Rossi. Sementara penurunan kecepatan Rossi begitu terlihat, terutama saat trio pebalap yg sebelumnya di belakangnya yakni Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone berhasil melewatinya.

Vinales, Dovizioso, dan Iannone sendiri pada akhirnya terjatuh, yg membantu Rossi dan Dani Pedrosa finis kedua dan ketiga. Untuk Marquez, kemenangan ini mengantarnya memimpin klasemen kejuaraan dunia bagi sementara waktu.

Situasi ini disebutnya tidak terduga karena timnya sepanjang tes pramusim kesulitan mengeluarkan potensi terbaik, dengan penggunaan ECU tunggal dan perubahan ban dari Bridgestone ke Michelin. Secara keseluruhan, dia menyebut motor kedualah yg memastikannya menang di Argentina.

“Kalau Anda berkata kalian mulai memimpin kejuaraan saat di Malaysia (pramusim), maka aku mulai menyampaikan kami gila. Tapi kalian bekerja keras dan terus yakin, dan Honda bekerja sangat bagus,” sambungnya.

“Kami bekerja di jalur yg sama dan inilah yg terpenting. Di sini, kita tahu bahwa sirkuit ini dapat bagus buat kita dan di awal balapan dengan motor pertama, aku coba mengatur ritme karena aku tak terlalu merasa nyaman.”

“Di atas motor kedua, aku mampu berusaha lebih keras dan aku mengerahkan 100 persen. Saya mencatatkan putaran tercepat dan dapat membuka jarak,” tandas pebalap 23 tahun ini.

Marquez ketika ini memimpin klasemen dengan nilai 41. Rossi mengikuti dengan 33 poin di posisi beberapa dan Pedrosa di urutan tiga dengan 27 angka. (raw/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Motor Kedua Jadi Penentu Kemenangan Marquez

Rabu 16 Maret 2016 | Berita Otomotif

Michigan -Mobil yg baru dibeli dari diler, biasanya mengeluarkan aroma khas. Entah dari jok atau dashboard-nya. Apakah bau seperti itu berbahaya bagi kesehatan? Bau khas mobil…

Minggu 21 Februari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi launching generasi terbaru CBR150R di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (14/2/2016). Serunya, peluncuran ini dihadiri segera oleh…

Jumat 15 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Perkembangan bahan bakar diesel di Indonesia dinilai oleh Pertamina masih ketinggalan jauh dibanding negara maju seperti Eropa. Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang menyampaikan banyak…