PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK ISUZU

Surabaya- Jawa Timur

Menu

Mobil Kecil Mau Sukses Di Indonesia? Begini Caranya

Minggu, November 1st 2015.

Tokyo, KompasOtomotif – Kehadiran mobil kecil (kei car) di kota besar seperti di Tokyo, Jepang, sangat dibutuhkan konsumen. Pasalnya, dengan lalu-lintas yg telah padat dan regulasi ketat dan biaya tinggi tentang kepemilikan mobil, kei car menjadi pilihan utama.

“Di Jepang membeli kei car itu banyak keuntungannya. Pertama harga jual yg pasti lebih murah dibanding mobil lainnya. Di Jepang itu memiliki mobil harus milik dana yg besar, karena biaya pajak dan lain-lainnya terbilang mahal,” jelas Jun Nagata, Chief Executive Designer Daihatsu Motor Co., Ltd, kepada KompasOtomotif, di Jepang, dua waktu lalu.

Nagata melanjutkan, buat masyarakat Jepang yg membeli kei car, mulai mendapat keringanan pajak karena mendapat insentif dari pemerintah. Lalu, biaya bahan bakar juga lebih murah karena kei car milik efisiensi BBM telah di atas 20 kpl. Biaya parkir dan tol juga diringankan bagi pemilik mobil kecil seperti Daihatsu Tanto.

“Pajak kendaraan, biaya parkir dan tol di Jepang itu mahal. Tapi ada insentif dari pemerintah bagi konsumen yg membeli kei car. Dengan demikian, mobil kecil jadi pilihan penting di sini, selain model hibrida,” jelas Nagata lagi.

Indonesia

Bila kei car ingin berkembang di Indonesia, maka cara-cara yg dikerjakan Jepang harus diadopsi. Jenis mobil seperti Daihatsu Tanto, Wake, Move dan Cast sebenarnya cocok dengan karakter jalan kota besar Indonesia yg padat. Hanya saja, konsumen Indonesia masih cenderung memilih kendaraan dengan kapasitas tujuh penumpang.

“Bila Pemerintah Indoenesia mau memberikan insentif, aku rasa kei car mampu berkembang di sana. Saat ini pajaknya sangat tinggi, karena harus mengirimkan segera dari Jepang. Terlebih lagi, karakter konsumen Indonesia yg gemar dengan MPV. Semua harus di edukasi secara baik,” tutup Jun.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mobil Kecil Mau Sukses Di Indonesia? Begini Caranya

Jumat 25 Desember 2015 | Berita Otomotif

Wujud asli Bugatti Chiron akhirnya kelihatan dan bahkan meluncur di jalan. Bocoran mobil tersebut kelihatan dari sebuah video yg diunggah Tim Wolke di akun YouTube.Walau…

Rabu 6 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Ban mobil dapat cepat aus atau rusak sebelum usianya habis. Kondisi itu dapat terjadi bukan cuma cara pemakaian yg salah, tapi juga minimnya perawatan. “Selama…

Jumat 12 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Mengecek tekanan ban sepeda motor tak sesimpel yg dibayangkan. Hanya dengan melihat alat ukur ketika mengisi angin ternyata belum cukup. Ada hal…