Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa UI Unggul Di Asia

Rabu, Maret 9th 2016.

Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional atas prestasinya menciptakan mobil hemat bahan bakar pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia, 3 6 Maret 2016 di Manila, Filipina.

Dua mobil hasil karya mahasiswa UI tersebut berhasil menjadi yg terbaik se-Asia pada kategori mobil Urban Concept Gasoline dan kategori mobil Prototype Gasoline.

Mobil dengan mengusung Urban Concept Gasoline yaitu hasil karya mahasiswa UI yg tergabung dalam Tim Sadewa yg kembali berhasil memecahkan rekor Asia dengan pencapaian sesuatu liter bensin bagi 275 kilometer melalui mobil bernama Kalabia Evo 5. Mobil beroda empat ini memakai material carbon fiber composis dan memiliki berat 75 kg.

Adapun Tim Sadewa terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu:Selain unggul pada kategori Urban Concept, mobil bernama Keris RVII karya tim Nakoela berhasil menjuarai kompetisi mobil hemat pada kategori Prototype Gasoline dengan jarak tempuh 792 km/l. Keris RVII yg memiliki berat 40 kilogram ini memakai material carbon fiber, honeycomb dan alumunium. Dalam mendesain, membangun, memilih komponen dan material mobil, Keris RVII sudah melalui perhitungan matang dan disimulasikan melalui software.

Tim Nakoela terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu:
Kategori urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yg hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi ketika ini. Sedangkan Kategori prototype memperlombakan kendaraan berbentuk futuristik yg bertujuan buat memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yg inovatif. Keduanya dirancang buat tujuan yg sama, menempuh jarak terjauh dengan sesuatu liter bahan bakar.

Ketua Kontingen Willy Chandra (Teknik Mesin FTUI 2012) menyampaikan “Kami sangat bangga mampu mengharumnkan nama Indonesia pada ajang bergengsi ini dan mampu belajar banyak dari semua peserta dari negara lainnya di Asia. Ke depannya, kalian bersama UI-SMV mulai selalu mengembangkan disain mobil menjadi lebih aerodinamis dan irit bahan bakar.”

Lebih lanjut, Willy menambahkan, “Keunggulan mobil hemat kalian ada pada nilai aerodinamis yg sangat baik sehingga bisa mengurangi energi yg terbuang akibat gesekan-gesekan serta penerapan eco-driving yg tepat.”
Baik tim Sadewa maupun Nakoela adalah bagian dari UI SupermileageVehicle (UI-SMV) yg yaitu sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI lintas fakultas dengan moto ‘We design, build and race the best vehicles with the best efficiency’.

Pada ajang SEM Asia 2016, tak kurang 117 tim dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Australia yg mengikuti kompetisi ini. Sedangkan perwakilan dari Indonesia terdiri atas utusan dari Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret Solo, Institut Teknologi Bandung dan UI.

Kompetisi ini ditujukan bagi merancang dan membangun kendaraan yg paling hemat energi dimana pemenangnya adalah kendaraan yg mampu bergerak jarak terjauh dengan memakai bahan bakar atau energi paling sedikit.Baca juga:
Kang JJ kobarkan semangat pantang menyerah pada kaum muda di Sulsel
Dana Rp 1 M, ITS kembangkan mobil listrik bertenaga surya
Rio Haryanto langsung masuk F1, tiga tim segera rebutan
Mahasiswa Surabaya bagi mobil listrik pintar dengan rem otomatis
9 Anak bangsa yg harumkan Indonesia di kancah otomotif dunia
5 Mobil buatan tangan pelajar SMK ini untuk Indonesia bangga
Toyota Indonesia: Vios naik tajam, Fortuner tetap favorit ekspor
Sumber: http://www.merdeka.com

Mobil Terbaru

Related Article Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa UI Unggul Di Asia

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Komunitas pemilik Toyoata Avanza dan Daihatsu Xenia (AXIC) kini sedang sibuk menyiapan ajang “kopi darat” terbesar, Jambore Nasional, pada 6 – 7…

Minggu 14 Februari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif — Penggemar Marc Marquez dan Dani pedrosa sejak Minggu (14/2/2016) pagi telah memadati Sirkuit International Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menariknya, di depan ratusan…

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Akibat terungkapnya skandal pengujian mesin diesel yg membawa dampak finansial, manajemen Volkswagen (VW), kini menetapkan buat tak lagi memakai slogan Das Auto. Kabarnya, slogan baru…