Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mobil Bekas Murah, Waspada Barang Curian!

Jumat, Januari 15th 2016.

KOMPAS.com – Membeli mobil bekas (Mobkas) sebaiknya tidak lekas tergiur harga murah. Jangan sampai belakangan baru ketahuan Mobkas itu adalah barang curian.

Meminimalkan risiko mendapatkan Mobkas curian, calon pembeli mutlak memastikan kelengkapan dan keaslian dokumen. Kecocokan dokumen dengan fisik kendaraan, tidak boleh terlewat bagi diperiksa pula.  

Kasus pencurian mobil telah menggurita dan tidak terus cepat terlacak. Seperti diberitakan Kompas.com pada 6 November 2015, misalnya, kansus pencurian mobil pada 2011 baru terungkap secara tak sengaja pada 2015.

Mobil curian itu diberhentikan polisi ketika melaju di bahu jalan ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tepatnya di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Saat itu, pengemudi tak mampu memamerkan surat tanda nomor kendaraan (STNK), sehingga mobil ditahan.

Namun, mobil tersebut tidak kunjung diambil kembali oleh pemiliknya. Pengecekan polisi mendapati bahwa mobil tersebut ternyata memasang pelat nomor polisi palsu, B 1385 TOC. Ternyata, mobil itu yaitu mobil curian dengan pelat nomor polisi asli E 1650 VE yang berasal Majalengka, Jawa Barat.

Harian Kompas edisi 7 Desember 2015 menyoroti pula, perkara pencurian kendaraan bermotor memang masih marak terjadi. Dari pengungkapan tujuh sindikat pencuri, polisi mendapati 100 mobil curian dari sejumlah tempat.

“Modus operandi pelaku berbeda-beda, akan dari (membuat) ban kempes, pencurian di lokasi parkir, hingga pemalsuan dokumen,” papar Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti, Minggu (6/12/2015).

Kedua contoh itu semakin menguatkan perlunya calon pembeli Mobkas memastikan kelengkapan, keaslian, dan kecocokan dokumen kendaraan. Polisi mendapati pula bahwa pencuri dan penadahnya tidak kesulitan membuat dokumen palsu, termasuk STNK dan bahkan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Kenali

Dokumen palsu kendaraan tidak terus gampang dibedakan dari yg asli. Selain mirip, dokumen palsu pun telah jamak menerakan hologram, semacam tanda air yg dahulu dianggap sulit dipalsukan karena butuh teknologi cetak yg berbiaya mahal. Namun, umumnya hologram pada dokumen palsu cenderung lebih gelap kualitas cetakannya daripada yg asli.

KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COM Mobil curian komplotan penggelapan di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Lalu, pencuri mobil milik kecenderungan membawa kabur kendaraan yg laris di pasaran. Sebut saja, misalnya, Toyota Innova, Toyota Avanza, atau Daihatsu Xenia. Selain mulai gampang menjualnya lagi, banyaknya kendaraan sejenis di jalanan mulai menyulitkan pelacakan ketika terjadi pencurian.

Calon pembeli Mobkas patut curiga dengan mobil incarannya bila harga yg ditawarkan sang penjual jauh di bawah harga pasaran. Kalau bukan barang rusak, mobil itu layak dicurigai sebagai hasil curian.

Kepala Subdirektorat VI Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Budi Hermanto menyarankan masyarakat mengecek surat-surat kendaraan bermotor ke sistem administrasi manunggal sesuatu atap (samsat) sebelum membeli Mobkas.

Cara yang lain bagi mencegah mendapatkan Mobkas hasil curian adalah mencari penjual yg menjamin barang dagangannya bukan barang curian, tak menggunakan dokumen palsu, atau terkait masalah hukum lain. Cari juga penjual mobil yg dapat memberikan garansi uang kembali bila Mobkas yang dibawa pulang ternyata bermasalah.

Kasus Mobkas yg baru belakangan ketahuan bermasalah setelah terjual, antara yang lain pernah terjadi di mobil88 pada 2015. Pembeli telah menggunakan Mobkas yg dibeli selama sebulan, saat polisi menyita kendaraan itu karena diduga tersangkut masalah pencucian uang.

Dalam perkara tersebut, mobil88 memberi ganti Mobkas dengan harga yg sama kepada konsumen itu. Saat polisi meminta informasi pembeli sebagai saksi, perwakilan mobil88 juga mendampingi.

“Konsumen tak perlu khawatir membeli Mobkas di sini,” kata Chief Operating Officer mobil88, Fischer Lumbantoruan, sembari merujuk pada perkara itu, di Otomania, Kamis 22/10/2015.

Fischer pun menegaskan kembali komitmen mobil88 terkait jaminan produk sesuai penawaran.

“Apabila terjadi sesuatu dan yang lain hal yg menyebabkan konsumen tak mendapat produk serta layanan sesuai, mobil88 bersiap menggantinya, tapi sesuai persyaratan berlaku,” ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Panduan Beli Mobil Bekas Berkualitas

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mobil Bekas Murah, Waspada Barang Curian!

Rabu 3 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Maruti Suzuki di India resmi launching sport utility vehicle (SUV) kompak, Vitara Brezza. SUV kompak ini bakal menjadi penantang Ford EcoSport di sana. Seperti…

Rabu 17 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jenewa -Jaguar memperkenalkan mobil sport F-Type SVR teranyar. Mobil mulai meluncur di ajang Geneva Motor Show 2016. Jaguar menjamin model ini mulai menjadi sesuatu produk yg…

Minggu 15 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Pereli nasional, Rifat Sungkar ternyata tidak sembarangan pilih mobil keluarga. Mau tahu seperti apa mobil keluarga pilihannya? Dijumpai detikOto di Pulomas, Jakarta, Rifat mengatakan, Mitsubishi…