Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mitsubishi Indonesia Protes Kebijakan Impor Truk Bekas

Kamis, Maret 3rd 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang  Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru yg berlaku Januari 2016 memprebolehkan kembali praktik impor truk bekas ke Indonesia. Sontak, kebijakan ini dianggap kontra terhadap industri, karena dianggap mengabaikan para produsen truk yg milik pabrik di Tanah Air.

Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono, menjelaskan, pihaknya sangat tak setuju dengan kebijakan tersebut. Sebab, bertentangan dengan apa yg dicanangkan pemerintah soal investasi perusahaan otomotif di Indonesia.

“Pemerintah kan sebelumnya mengharuskan produsen otomotif yg ada di Indonesia harus investasi. Sekarang justru ada kebijakan impor truk bekas. Kami merasa keberatan dan tak setuju,” ujar Momon sapaan akrab Duljatmono ketika dihubungi KompasOtomotif, Rabu (2/3/2016).

Melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), lanjut Momon, segala pabrikan terutama yg berjualan truk menyatakan tak setuju dengan Permendag itu. Gaikindo pun telah menyampaikannya ke Kementerian Perindustrian.

“Setahu aku dari Kemenperin juga telah memberikan respons protes Gaikindo. Intinya, kalian seluruh tak setuju, sebab produksi di dalam negeri saja masih cukup bagi memenuhi permintaan nasional,” ungkap Momon.

Tahun lalu, berdasarkan data Gaikindo, penjualan truk mengalami penurunan 41,05 persen dari 120.014 unit di 2014 menurun ke 70.747 unit tahun lalu.

Mitsubishi Fuso sendiri, tahun dahulu penjualannya turun 31 persen atau menjadi 38.586 unit dibandingkan tahun lalu. Target tahun ini diharapkan mampu tumbuh 5 persen atau menjadi 40.500 unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mitsubishi Indonesia Protes Kebijakan Impor Truk Bekas

Rabu 20 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bogor -TVS launching motor Apache RTR 200 4V di Indonesia dan India. Di beberapa negara ini, ada perbedaan spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V. “TVS Apache…

Senin 18 Januari 2016 | Berita Otomotif

Sidoarjo – Masih dari tema stiker lucu di truk atau pikap, kali ini sebuah truk diberi stiker bertuliskan ‘Tak Butuh Cinta’. Seriusan Pak Sopir?Sumber: http://oto.detik.com

Jumat 1 Januari 2016 | Berita Otomotif

California -CEO Tesla, Elon Musk sangat optimistis mampu melahirkan mobil otonom sepenuhnya dalam waktu dekat. Musk yakin, Tesla mulai memiliki mobil otonom sepenuhnya dalam beberapa tahun…