Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Meski Penjualan Susut, Varian Motor Bebek Diyakini Tak Akan Punah

Senin, Januari 18th 2016.

Jakarta -Sejak 2011, penjualan motor bebek di Indonesia selalu menurun, bahkan pada 2015 dahulu penjualan cuma 858.240 unit saja. Meski begitu, varian itu diyakini tidak bakal punah.

“Model bebek masih banyak peminatnya, oleh karena itu sangat kecil kemungkinannya punah atau hilang dari peredaran. Sebab, peminat motor bebek bukan cuma soal selera tapi kebutuhan berdasar keadaan wilayah dimana mereka tinggal,” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, Sigit Kumala, ketika dihubungi akhir minggu kemarin.

Dengan teknologi yg dimilikinya, motor bebek, untuk sebagian orang yg menggemarinya memiliki keunggulan yakni kelincahan di kala harus tidak mengurangi atau mengurangi posisi gigi transmisi. Begitu pun di ketika mengangkut beban berat.

“Ini tak cuma di daerah-daerah di luar Jawa, di Jawa pun juga banyak. Bahkan di perkotaan, karena harus diingat, ini juga soal selera. Ada orang yg suka dengan motor bebek karena memang hobi atau seleranya ke motor itu,” kata Sigit.

Alasan lainnya, pabrikan juga selalu melakukan ubahan tampilan dan teknologi motor bebek sesuai dengan perkembangan zaman dan gaya hidup masyarakat. Hanya, seandainya ketika ini, motor ini kalah pamor dengan varian skuter matik (skutik) karena memang tren gaya hidup masyarakat mengarah kepada motor itu.

Kenyamananan dan kemudahan yg ditawarkan karena memakai transmisi otomatis dinilai sesuai dengan tren mode yg ada. Terlebih gaya desain yg ditawarkan juga menunjang, meskipun desain motor bebek juga tidak kalah keren.

Sementara, data AISI menunjukan, pamor motor bebek akan melorot pada 2011, yakni saat pabrikan akan gencar menawarkan varian skutik. Saat itu, penjualan motor bebek melorot hingga sekitar 42 persen.

Padahal, sepanjang 2007 – 2011 penjualan motor bebek porsinya di atas 43 persen. Sejumlah pabrikan juga menawarkan varian bebek berdasar besaran mesin yg beragam.

Data AISI juga menunjukan, sepanjang 2015 penjualan varian skutik mencapai 4.877.725 unit, varian bebek 858.240 unit, dan sport 744.190 unit.

(arf/arf)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Meski Penjualan Susut, Varian Motor Bebek Diyakini Tak Akan Punah

Jumat 8 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Toyota sudah memproduksi Sienta di Indonesia. Tidak cuma memproduksinya di dalam negeri, Toyota juga menyerap komponen dari dalam negeri. Wakil Presiden Direktur Toyota…

Rabu 16 Maret 2016 | Berita Otomotif

Akhirnya rilis juga! McLaren 570S GT4 dua ketika dulu sudah resmi dirilis dengan pesona yg luar biasa. Menurut lansiran Sports Series (16/3), mobil ini dikembangkan…

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

Wolfsburg -Volkswagen akhirnya menghentikan produksi Phaeton setelah 15 tahun masuk dalam jajaran mobil pabrikan mereka. Dikabarkan penghentian produksi Phaeton karena VW tengah menyiapkan versi terbaru dari…