Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Mesin Honda New MegaPro Tidak Bertenaga

Jumat, Januari 8th 2016.

Jakarta -Hallo detikOto, kemarin aku touring dengan Honda New MegaPro, pada ketika di jalan tanjakan mesin motor serasa tak bertenaga. Padahal RPM telah mencapai 7.000 tetapi speed mentok di 30 km/jam dan seandainya aku oper gigi motor ke gigi 3 makan motor tak sanggup buat tanjakan.

Jadi aku pakai gigi 2 dan RPM motor aku mencapai RPM 7.000.  Dan pada ketika jalan datar, motor hanna mampu mentok speed 75 km per jam itu pun di gigi 4, kalau aku oper ke gigi 5, motor seakan hilang tenaga.

Mohon pencerahan dan solusi apa saja yg harus diganti atau diperbaiki di motor MegaPro saya.

Terima kasih
Abdul Muhaymin.

Jawaban

Hallo mas Abdulabdul Muhaymin, salam detikOto

Menanggapi konsultasi Anda, kalau tenaga hilang pada ±7000 RPM mencoba periksa pada bagian-bagian karburator, kemungkinan ada kerusakan khususnya pada bagian Diafragma/Vacuum-nya, seperti gambar terlampir, apakah kondisinya masih bagus?

Kalau ada kerusakan biasanya terlihat ada bagian yg sobek, bagian ini mempengaruhi sekali terhadap tenaga motor bahkan kalo telah parah motor tak dapat jalan sama sekali. Solusinya tentu harus di ganti baru.

Analisa lainnya kemungkinan karena kanvas kopling telah akan ada keausan sehingga tenaga selip dan tak mampu maksimal di salurkan ke transmisi dan roda belakang.

Saran aku diganti kanvas koplingnya dengan yg baru, semoga mampu mendapatkan tenaga yg lebih optimal.

Terakhir, periksa setelan klep, jangan terlalu meeting karena kalau kerapetan mampu jadi malah ngempos tenaganya hilang. Setel sesuai standar pabrikan saja.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam

Andriyanto – Bintangmotor

Foto: detikOto
Foto: detikOto
Foto: detikOto

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Mesin Honda New MegaPro Tidak Bertenaga

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Oslo – CEO Tesla Elon Musk menyampaikan bahwa sistem autopilot buatan Tesla Motors dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan sebesar 50%. “Kemungkinan mengalami kecelakaan adalah 50% lebih…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Stuttgart -Pasar mobil premium dunia masih dikuasai BMW, namun pesaingnya Mercedes-Benz kian mendekat. Mercy telah mengalahkan Audi dalam reli penjualan mobil premium dunia. Selama 2015, Mercy…

Minggu 17 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Selain mobil, merek sepeda motor juga ikut berpartisipasi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)2016 . Total, 264 unit motor yg dipajang…