ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Meramu Kata Kunci, “V-Kool Kaca Film Ajaib”

Minggu, Desember 20th 2015.

Kehidupan ini sangat indah. Tak seluruh perjalanan hidup manusia berjalan dengan mulus. Tentu banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya. Kuncinya adalah kesabaran, keteguhan hati, memiliki prinsip yg kuat, jujur, apa adanya, dan terus melakukan inovasi. Di balik kesuksesan seseorang, ada kisah-kisah mengharukan dan menyedihkan. Semua itu adalah proses yg harus dilalui. Mulai hari ini, Kompas.com menurunkan serial artikel “Success Story” tentang perjalanan tokoh yg inspiratif. Semoga pembaca dapat memetik makna di balik kisah.

Jakarta, KompasOtomotif – V-Kool adalah pionir kaca film premium di Indonesia, menawarkan kaca film dengan daya tolak sinar ultraviolet terbaik dan menjadi lambang kemewahan bagi mobil premium di Tanah Air.

V-Kool Indonesia di bawah bendera PT V-Kool Indo Lestari telah berdiri sejak 1995. Tidak ada jalan yg gampang buat dapat menjadi sukses dan berkibar sampai ketika ini. Darma Eddie Salim, Presiden Direktur V-Kool Indonesia, berbagi pengalamannya ketika pertama kali terjun di bisnis ini.

Sebelum membidani V-Kool, Eddie telah sukses mengembangkan bisnis keluarga di berbagai bidang termasuk aksesori otomotif selama 12 tahun. Kaca film juga menjadi salah sesuatu barang yg ditawarkan di bisnis tersebut. Di sini menjadi awal perkenalannya dengan V-Kool.

“Bisa dikatakan aku telah nyaman memegang bisnis keluarga. Kami menjual ragam aksesori otomotif, dan salah satunya kaca film. Tapi harga kaca film biasa ketika itu masih sangat murah, kalau tak salah cuma Rp 50.000,” jelas Eddie ketika berbincang dengan KompasOtomotif, dua waktu lalu.

Eddie melanjutkan, dirinya sempat ditawarkan bagi menjual V-Kool. Hanya saja dia berasumsi tak mulai laku. “Saya pikir susah berkembang, karena harga V-Kool ketika itu telah Rp 1,5 juta. Berarti 20 kali lebih mahal dibanding kaca film yg telah ada. Akhirnya aku tolak V-Kool karena menurut aku tak mulai laku.”

Mada/Kompas.com Predisen Direktur PT V-Kool Indolestari Darma Eddie Salim

Awalnya, V-Kool cuma menawarkan macam kaca film bening, sementara kaca film murah yg telah beredar di Indonesia rata-rata model gelap. Kondisi ini juga dianggap menjadi salah sesuatu kendala sulit bagi menjual V-Kool.

“Sampai akhirnya aku benar-benar coba kehebatan V-Kool di Singapura. Waktu itu ada tes kaca film dengan ditembak cahaya 1.500 watt. Di sini aku baru terkesima, karena aku mampu merasakan langsung, berbeda hanya cuma mendengar atau melihat,” lanjut Eddie lagi.

Berkat pengalaman di Singapura tersebut Eddie seakan segera jatuh hati dengan V-Kool. Setibanya di Indonesia, dia segera merancang alat bagi demo yg sederhana, tetapi mampu dirasakan oleh calon konsumen.

“Kita juga merancang strategi penjualan. Kata kuncinya kaca film ajaib, bening tetapi tahan panas. Ini adalah kata kunci yg menjadi strategi utama. Kita berpikir marketing juga harus bermain di psikologis manusia,” beber Eddie.

Pada 1996, V-Kool ikut pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JCC, sebagai pameran pertama. Kaca film ajaib menjadi kunci penting untuk menggoda konsumen. Hasilnya sangat di luar ekspektasi.

“Bahan dasar V-Kool adalah pelapis pesawat siluman Stealth. Jadi aku pikir ini pasarnya adalah mobil-mobil mewah. Pertumbuhannya segera beberapa kali lipat sejak IIMS. Kita juga tak milik kompetitor.”

Peruntungan V-Kool tak berarti tanpa kendala. Meski mengeruk hasil besar, perjalanan kaca film mewah ini terbentur krisis moneter pada 1998. “Waktu itu keuntungan kita telah sangat besar. Bayangkan, tiap enam bulan dapat buat beberapa kali lipat. dari 1995 sampai 1998. Sampai ketemu krisis 1998 hingga 1999, waktu itu penjualan telah 300.000 lembar, tetapi 1999 turun 60.000 lembar.”

Mada/Kompas.com Presdir PT V-Kool Indolestari, Darma Eddie Salim

Titik balik

Eddie melanjutkan, usahanya bersama V-Kool akan berangsur pulih di tahun 2000, walau sepat goyang lagi di 2005. Kendala yang lain adalah kompetitor yg akan berdatangan. Dia berpikir ketika ini butuh inovasi karena perkembangan zaman.

Upaya lainnya adalah menyelaraskan diler-diler agar tak saling bersaing karena mulai merugikan perusahaan. “Waktu itu ada 10 diler di Jakarta, kalian gabung jadi sesuatu perusahaan. Dengan begini harga mampu tetap terkontrol, tetapi aku harus berkorban dengan penjualan yg menurun, namun mampu tetap menahan kenormalan harga. Setelah harga mantap selama beberapa tahun, baru kita berani menawarkan diri menjadi OEM (Original Equipment Manufaturing).”

Poin penting yg mampu menjadi pelajaran utama dalam berbisnis adalah soal arah bisnis. Jangan mencari keuntungan jangka pendek, keuntungan harus dalam jangka panjang. Hasilnya, V-Kool bisa menjadi OEM dari dua produk di Indonesia.

“Kompetitor saai ini telah akan merangsek. Jadi kalian harus benar-benar inovasi. dan kalian akan berpikir ke arah branding bukan ke arah fungsional lagi. Ini adalah inovasi dalam hal marketing. Kita berpikuran bahwa konsumen layak mendapatkan yg terbaik. Ini yg kami ingin tanamkan ke konsumen, bukan cuma produk tetapi juga pelayanan dan merek.

Selain itu, inovasi lainnya adalah stiker i’m V-Kool. Di semua dunia pertama kali yg pakai stiker adalah indonesia. Tujuannya adalah dapat memenuhi keinginan dan rasa bangga konsumen atas identifikasi produk V-Kool. (TAMAT)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Success Story Presdir V-Kool Indonesia, Darma Eddie Salim

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Meramu Kata Kunci, “V-Kool Kaca Film Ajaib”

Kamis 24 Maret 2016 | Berita Otomotif

Nevada -Melalui film ‘Fast and Furious’, Michelle Rodriguez telah kelihatan menyukai kebut-kebutan. Kali ini, pemeran Letty Ortiz itu membuktikan kemampuannya ngebut di memakai Jaguar F-Type SVR.…

Selasa 8 Maret 2016 | Berita Otomotif

Donggala -Tanpa kepemimpinan yg solid, sulit bagi menjalankan sebuah komunitas motor. Karenanya, Honda melatih sekitar 1.000 anggota baru komunitas sepeda motor soal mengelola komunitas secara profesional…

Selasa 24 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Salah sesuatu upaya membuat tampilan interior mobil kelihatan lebih ciamik, adalah dengan melakukan modifikasi ringan. Salah sesuatu opsinya, Anda dapat mengganti atau…