Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Menyiasati Mobil Yang Mogok Di Perlintasan Kereta

Sabtu, Desember 26th 2015.

Jakarta -Peristiwa mobil tertabrak kereta api karena mogok tiba-tiba ketika melintasi rel kerap dikaitkan dengan hal mistis oleh masyarakat di sekitar lokasi. Jika dirunut itu belum tentu benar adanya dan membuktikannya pun tak mudah.

Baru-baru ini juga terjadi kecelakaan yg melibatkan salah sesuatu transportasi masal di Jakarta dengan kereta api, yg walaupun kejadian ini ditengarai karena ulah pengemudi kendaraan transportasi tersebut menerobos palang pintu rel yg telah tertutup.

Peristiwa itu mengingatkan agar Anda jikalau mengemudi terus tertib dan jangan menganggap remeh aturan yg ada dengan melanggarnya.

Terkadang juga, mobil yg berhenti di tengah perlintasan rel juga menjadi awal dari kecelakaan di sekitar rel kereta ini, yg biasanya terjadi di rel tanpa palang pintu. Pengemudi lengah dengan tak menyadari adanya kereta yg mulai melintas. Selain itu, mobil yg mogok umumnya berbahan bakar bensin. Banyak pakar menarik kesimpulan, bahwa faktor medan magnet lah yg menjadi pemicunya.

Kata Pakar LIPI Soal Mobil Mogok di Palang KRL

Bagaimana pula medan magnet itu bisa mematikan mesin mobil? Rel yg dilewati kereta api dalam jarak 600 meter ternyata menghantarkan medan magnet yg sangat tinggi, sehingga mampu mematikan putaran mesin mobil yg melintasi rel tersebut.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh dosen teknik mesin sebuah perguruan tinggi di Surabaya. Menurutnya, penyebab kendaraan (baik mobil atau pun sepeda motor) mogok tepat di atas rel, adalah karena medan magnet yg dikeluarkan roda kereta api dan menyalurkan melalui rel.

Roda KA terbuat dari baja berjenis ferritic mempunyai medan magnet yg sangat kuat. Baja ferritic itu yg terbaik magnetnya dibanding macam baja lainnya.

Karena perputaran roda yg sangat cepat dan tinggi itulah yg menyebabkan medan magnet mulai maju terlebih dahulu. Bisa mencapai 600 meter ke depan. Artinya, saat kereta api lewat, dalam radius 600 meter ke depan rel tersebut menghantarkan medan magnet yg tinggi.

Jika saat itu ada mobil yg melintas di atas rel, maka medan magnet itu mampu mematikan mesin mobil secara mendadak.

Tetapi, medan magnet yg tidak jarang menjadi pemicu kecelakaan itu semestinya mampu diantisipasi oleh pihak PT Kereta Api Indonesia. Cara sederhana yg mampu mencegah terjadinya mogok di atas perlintasan kereta adalah dengan dibuatkan ground yg menghubungkan rel dengan tanah. Dengan begitu, medan magnet mampu hilang.

Antara kendaraan berbahan bakar bensin dengan solar. Berdasarkan teori medan magnet, kendaraan yg rawan mogok mendadak di atas rel adalah kendaraan yg berbahan bakar bensin, sedangkan yg memakai solar tak terpengaruh.

Ha  ini karena kendaraan berbahan bakar bensin, masih memakai platina dan CDI. Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini mulai terpengaruh, sehingga mesin mati. Selain, kekuatan akinya masih 12 volt. Sementara kendaraan berbahan bakar solar berbeda, kekuatan akinya di atas 12 volt, juga tak memakai platina.

Lalu, bagaimana seandainya Anda telah terjebak di tengah rel dengan keadaan mobil mogok? Sudah tentu, Anda harus meminimalisir kepanikan Anda dan tetap mengutamakan keselamatan. Jika masih ada waktu, cobalah menstarter ulang sampai mesin mobil kembali bekerja.

Namun, seandainya cara ini belum berhasil, minta seluruh penumpang termasuk Anda buat keluar, dulu meminta bantuan bagi mendorong mobil Anda sampai ke tempat yg aman di luar jalur kereta, dengan catatan, masih ada waktu sampai kereta mendekat menghampiri mobil Anda.

Khusus mobil bertransmis manual, terdapat alternatif yang lain agar mobil tersebut menyala kembali atau setidaknya mampu bergerak di atas perlintasan kereta, dengan cara memindahkan persneling ke gigi satu, dahulu starter tanpa menginjak pedal kopling. Mobil mulai mampu bergerak akibat putaran dinamo starter. Lakukan hal ini seandainya dalam kondisi terdesak.

Untuk mobil matik, cara yg dapat dikerjakan hanyalah mendorong mobil, perlu diingat, tuas transmisi pada posisi Netral (N) bukan Parking (P).

Putaran idle mobil matik biasanya lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga mesin tak gampang mati. Untuk kendaraan motor lainnya, pastikan pseneling dalam posisi netral sebelum Anda akan buat mendorong keluar perlintasan.

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Menyiasati Mobil Yang Mogok Di Perlintasan Kereta

Selasa 24 November 2015 | Berita Otomotif

Di ajang Milan Show 2015, Kawasaki membuat gebrakan dengan merilis sebuah motor matic 125cc. Adalah 2016 Kawasaki J125, nama yg disematkan bagi motor baru ini.…

Selasa 26 April 2016 | Berita Otomotif

KompasOtomotif – Kompetisi digital “Trax Unlock the City” yg diselenggarakan General Motor Indonesia akhirnya rampung, Minggu (24/4/2016). Gerry Daniel, mahasiswa salah sesuatu perguruan tinggi swasta…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Di ajang CES 2016, Kia secara resmi launching sub-brand terbaru bernama Drive Wise. Sub-brand ini mulai bertanggung jawab buat mengembangkan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).…