ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Menyapa Buyut Teknologi Rotary Mazda Di Tokyo

Jumat, Oktober 30th 2015.

Tokyo, KompasOtomotif – Cosmo Sport, model pertama Mazda dengan mesin rotary sudah diperkenalkan 30 Mei 1967 dan menjadi salah sesuatu momen bersejarah dalam otomotif. Kini penampilannya di hadapan publik kembali terjadi, yakni ketika menemani calon penerusnya di era modern, konsep RX-Vision, di Tokyo Motor Show 2015.

Boleh diakui pamor Cosmo Sport memang telah pudar, lokasi penampakanya di booth Mazda pun di belakang model komersial. Meski begitu sedan kupe tipe gran touring ini layak mampu penghormatan lebih.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda Cosmo Sport.

Cosmo Sport sudah membawa semangat Mazda mengembangkan mesin rotary lebih jauh, banyak mobil yang lain yg sudah dihasilkan seperti Familia Rotary, Luce Rotary Coupe, RX series, dan model yang lain buat kompetisi balap. Model terakhir adalah RX-8 yg telah diputuskan bagi pensiun pada 2012 sekaligus menghapus penggunaan mesin rotary pada model produksi.

Setelah itu beredar rumor Mazda bakal berhenti mengembangkan mesin rotary. Meski telah banyak inovasi yg diterapkan, tetap ada tiga persoalan penting yg sulit disingkirkan, merupakan efisiensi bahan bakar, emisi, dan daya tahan.

Teknologi Skyactiv yg selama ini telah digunakan pada segala model Mazda ternyata adalah jawaban bagi mengatasi kelemahan mesin rotary. Mazda memperkenalkan ciptaan baru yg menggabungkan keduanya, Skyactiv-R. Debut dunianya dikemas dalam raga konsep RX-Vision.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda RX-Vision memakai mesin Skyactiv-R yg menjadi penerus mesin rotary.

Mesin RX-Vision berada di depan dan berpenggerak roda belakang, seperti ciri khas mobil sport konvensional. Inilah interpretasi Mazda pada model sport dengan mesin rotary di masa depan. Tidak banyak detail teknologi yg diterangkan, namun Skyactiv-R disebut sebagai cikal bakal evolusi mesin rotary Mazda.

Sekarang, Mazda mengklaim sebagai satu-satunya manufaktur yg berhasil memproduksi dan menjual mobil bermesin rotary ke pasaran. Semua itu tentu tak mampu dikerjakan tanpa sang pelopor, Cosmo Sport.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Menyapa Buyut Teknologi Rotary Mazda Di Tokyo

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bicara modifikasi jok, lokasi ini telah kawakan sejak jaman dulu. Namun, seiring berjalannya waktu, lambat laun makin ditinggalkan, yakni kawasan Kebon Sirih…

Senin 18 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Sepanjang 2015 lalu, Adira Finance mengklaim berhasil menggelontorkan pembiayaan buat kendaraan bermotor di Indonesia senilai Rp 30,5 triliun. Komposisinya antara sepeda motor…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

  Jakarta, KompasOtomotif – All New Civic generasi kesepuluh yaitu model pertama dengan mesin turbo yg dijual PT Honda Porspect Motor (HPM) di Indonesia. Dibanding…