Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Menyalip Rossi, Marquez Berdoa Tak Lakukan Kesalahan

Minggu, Maret 20th 2016.

Losail -Ada dua momen menegangkan melibatkan Marc Marquez di MotoGP Qatar. Salah satunya adalah ketika dia mendahului Valentino Rossi.

Finis ketiga di MotoGP Qatar, Senin (21/3/2016) dinihari WIB, highlight dari penampilan Marquez adalah duelnya dengan Andrea Dovizioso. Kedua pebalap dua kali terlibat saling susul buat memperebutkan posisi runner up, termasuk di lap terakhir yg membuat Marquez gagal merebut posisi kedua.

Tapi bukan itu saja momen besar Marquez di Sirkuit Losail. Pada lap ketiga, di mana saat itu masih berada di posisi lima, Marquez berhasil dengan mulus melakukan overtake terhadap Rossi.

Ditanya wartawan soal kejadian tersebut, Marquez mengaku kalau dia menyimpan sedikit rasa waswas. Juara dunia 2013 dan 2014 itu tidak mau memunculkan persoalan yang lain dengan The Doctor, setelah perseteruan panas di penghujung musim lalu.

“Itu tak mulai menjadi yg terakhir (saya menyalip Rossi). Saya katakan kalau kalian harus move on (dari musim lalu). Tapi jujur aku katakan pada Anda, ketika aku melewatinya aku berdoa tak ada kesalahan terjadi,” ucap Marquez dikutip dari AS.

“Saya selalu fokus pada balapan. Saya telah menetapkan melakukan overtaking, itu dikerjakan pada momen itu dengan baik dan bersih,” lanjut rider yang berasal Spanyol itu.

Hasil lomba

Jorge Lorezo mengawali upaya mempertahankan gelar juara dunia dengan meraih kemenangan di MotoGP Qatar. Lorenzo mengalahkan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yg finis di belakangnya.

Lorenzo Juara, Dovi Kedua, Marquez Ketiga

Mirco Lazzari gp/Getty Images

Lorenzo yg pole position, menjalani start dengan sempurna. Dia mempertahankan posisi terdepan sesaat setelah start. Perubahan besar terjadi di belakang Lorenzo.

Marquez dan Vinales yg bisa posisi start beberapa dan tiga terlempar ke posisi lima dan tujuh. Lonjakan besar didapat beberapa pebalap Ducati: Iannone melesat ke posisi beberapa dan Dovizioso yg naik tiga anak tangga ke posisi tiga. Sementara Rossi naik sesuatu anak tangga bagi menempati urutan keempat.

Komposisi tersebut tidak bertahan lama karena di lap kedua terjadi pergantian tampuk pimpinan. Di lintasan lurus Iannone dan Dovizioso nyaris berbarengan mendahului Lorenzo. Duo Ducati kini memimpin balapan: Iannone nomor satu, Dovi di posisi kedua. Berada di belakang duo Italia itu adalah Lorenzo, Rossi, dan Marquez.

Satu lap berselang Marquez berhasil memperbaiki posisinya usai menyalip Rossi di sebuah tikungan ke kiri. Juara dunia 2013 dan 2014 itu kini menempati urutan empat.

Ada lima pebalap di posisi terdepan berjarak sangat dekat. Dua rider Ducati masih berada di posisi paling depan, diikuti Lorenzo, Marquez, dahulu Rossi. Di belakang mereka, terpaut lebih dari sesuatu detik adalah Dani Pedrosa yg terlibat duel dengan Vinales.

Duel sengit terjadi antara duo Ducati pada lap kelima. Sebelum masuk ke lintasan lurus Dovi sempat mengambil alih status pemimpin balapan dari tangan Iannone, tetapi di tikungan selanjutnya Iannone merebut kembali posisi tersebut.

Satu putaran berselang Dovi akhirnya dapat mengambil alih lagi posisi paling depan. Persaingan antara duo Ducati itu pada akhirnya tuntas setelah Iannone terjatuh di lap 6. Dia kehilangan kendali motornya ketika menikung ke kiri dan jatuh terseret hingga masuk gravel.

Setelah Iannone jatuh, Dovi ditempel ketat oleh Lorenzo. Jarak kedua pebalap cuma di kisaran 0,2 detik. Upaya Lorenzo merebut kembali posisi nomor sesuatu berhasil di lap sembilan.

Saat balapan tersisa 10 lap, komposisi rider di posisi 10 besar adalah: Lorenzo, Dovi, Marquez, Rossi, Pedrosa, Vinales, Espargaro, Barbera, Smith dan Redding.

Tak ada perubahan terjadi di posisi terdepan sampai dua lap setelahnya – meskipun jarak empat pebalap terdepan sangat dekat. Lorenzo masih solid memimpin balapan, sementara Dovizioso juga bertahan di urutan kedua.

Pada dua kesempatan Marquez kelihatan mulai menyerang rider Italia itu, namun itu tidak kunjung terjadi. Untuk Rossi, jaraknya dengan Marquez selalu menjauh mendekati sesuatu detik ketika race menyisakan 6 lap.

Jarak Marquez dengan Dovi kurang dari setengah detik ketika balapan menyisakan lima lap. Satu lap berselang Marquez akhirnya mampu mendahului Dovi dan merebut posisi kedua.

Dengan ada empat lap tersisa, Marquez membidik Lorenzo. Jarak mereka berdua sekitar 1,1 detik. Tapi upaya Marquez mendekati Lorenzo sulit. Bukan cuma karena balapan tinggal menyisakan sedikit lap. Di sisi yang lain Lorenzo malah berhasil mencatatkan rekor waktu baru yakni 1:54.927 tiga lap sebelum garis finis. Di momen ini jarak kedua pebalap terdepan adalah 0,7 detik.

Bukannya merapatkan jarak dengan Lorenzo dan merebut posisi terdepan, Marquez malah kehilangan posisi kedua setelah dia disalip Dovizioso. Marquez malah nyaris juga disusul Rossi.

Beberapa tikungan menjelang finis Marquez dapat merebut kembali posisi dua, tetapi sesuatu tikungan berselang Dovi kembali mendahuluinya. Komposisi Lorenzo, Dovi, Marquez, dan Rossi tidak berubah sampai mereka berempat melewati garis finis.

Hasil MotoGP Qatar

1 Jorge Lorenzo Yamaha 22 42m28.452s
2 Andrea Dovizioso Ducati 22 2.019s
3 Marc Marquez Honda 22 2.287s
4 Valentino Rossi Yamaha 22 2.387s
5 Daniel Pedrosa Honda 22 14.083s
6 Maverick Vinales Suzuki 22 15.423s
7 Pol Espargaro Tech3 Yamaha 22 18.629s
8 Bradley Smith Tech3 Yamaha 22 18.652s
9 Hector Barbera Avintia Ducati 22 21.160s
10 Scott Redding Pramac Ducati 22 24.435s
11 Aleix Espargaro Suzuki 22 35.847s
12 Eugene Laverty Aspar Ducati 22 41.756s
13 Alvaro Bautista Aprilia 22 41.932s
14 Jack Miller Marc VDS Honda 22 41.982s
15 Tito Rabat Marc VDS Honda 22 54.953s

(din/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Menyalip Rossi, Marquez Berdoa Tak Lakukan Kesalahan

Kamis 12 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo -Seakan belum puas dengan performa mobil sport BRZ, Subaru menyiapkan varian BRZ yg lebih canggih dan lebih cepat. BRZ itu dioprek oleh STI. Desain BRZ…

Selasa 1 Desember 2015 | Berita Otomotif

Kuala Lumpur -Varian pikap Ford Ranger generasi terbaru meraih lima bintang atau peringkat tertinggi dalam uji mencoba ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP). Fitur-fitur keselamatan…

Selasa 16 Februari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia, mengklaim seluruh motor yg dijualnya itu…