Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Menperin Kejar Prinsipal Otomotif Agar Investasi Di Indonesia

Senin, Maret 7th 2016.

Karawang -Pemerintah meminta perusahaan industri kendaraan bermotor bagi meningkatkan investasi dan memperdalam struktur industri.

“Bukan cuma ke perusahaan mereka yg di Indonesia, kalian juga sampai kejar ke prinsipal di negara asalnya. Ini buat memperlihatkan keseriusan sekaligus menyakinkan mereka agar ekspansi,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin ketika meresmikan pabrik ke-3 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Senin (7/3/2016).

Karena itulah, Saleh Husin pun menyambut positif langkah Toyota membangun pabrik ketiga yg mulai memproduksi mesin buat mobil penumpang model terbaru.

“Pemerintah apresiasi pencapaian pabrik ini selain pemenuhan dalam negeri, mesin ini juga diekspor di 5 negara Asia. Semoga dapat mewujudkan Indonesia sebagai basis kendaraan bermotor dan komponen, baik dalam negeri maupun ekspor,” tandasnya.

Nilai investasi yg digelontorkan buat pembangunan dan pengoperasian Plant 3 TMMIN mencapai Rp 2,3 triliun. Selain bagi memenuhi kebutuhan domestik, mesin produksi Plant 3 juga mulai diekspor di 5 negara Asia.

“Langkah Toyota buat memperkuat industri otomotif dalam negeri melalui pabrik engine ini sangat tepat. Apalagi dengan market share 32 persen tahun dahulu yaitu yg besar buat industri otomotif Indonesia,” kata Saleh.

Plant 3 Toyota melengkapi pabrik perakitan yg sudah ada di Karawang sebelumnya, Plant 1 dan Plant 2 yg merakit mobil produksi Toyota seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Etios Valco, dan Yaris.

Berdiri di lahan seluas 150 hektar, pabrik mesin Toyota tersebut memiliki kapasitas produksi 216 ribu unit per tahun. Sebanyak 79.000 unit juga mulai diekspor ke luar negeri. Pabrik senilai Rp 2,3 triliun ini juga mulai menyerap tenaga kerja 1.000 orang.

“”Dibangunnya pabrik mesin, juga industri komponen dan pelibatan pelaku lokal memamerkan industri kalian semakin ideal, apalagi orientasinya juga bagi ekspor. Industri otomotif kalian on the track dan naik kelas,” katanya.

Kemenperin berharap langkah Toyota tersebut bisa diikuti Agen Pemegang Merek (APM) yang lain dalam meningkatkan industrinya di Indonesia. Sehingga langsung terwujud Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor dan komponen, baik buat kebutuhan dalam negeri maupun tujuan ekspor ke depan.

Dengan pemasok lokal baru sebanyak 12 perusahaan, pabrik ini mulai memproduksi mesin aluminium R-NR dengan bahan bakar bensin dan ethanol bagi kendaraan penumpang. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai sebesar 80 persen.

“Kapasitas produksi pabrik ini 216 ribu unit per tahun. Mesin buatan Karawang ini bukan cuma bagi pasar Indonesia tapi juga mulai diekspor ke luar negeri,” kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami. Tahun 2016 ini, rencananya mulai diekspor 79 ribu mesin R-NR ke lima negara di kawasan Asia.

Ekspansi ini juga diakui Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation Koei Saga sebagai bukti  Indonesia menjadi negara produsen utama dan basis ekspor buat produksi kendaraan dan mesin.

Toyota sudah berkomitmen menanam modal Rp 5,4 triliun tahun ini setelah tahun 2015 dulu menanam modal Rp 5 triliun. Dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota sebesar Rp 20 triliun.

Foto: Agung Phambudy
Foto: Agung Phambudy
Foto: Agung Phambudy
Foto: Agung Phambudy
Foto: Agung Phambudy

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Menperin Kejar Prinsipal Otomotif Agar Investasi Di Indonesia

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) milik nakhoda baru, Antonio Zara sebagai Presiden Direktur, efektif sejak 1 April 2016. Di pundaknya, pria berdarah…

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Jelang akhir tahun 2015 dapat Nissan tampaknya dapat bernafas lega nih. Soalnya dapat dipastikan Nissan dapat meningkatkan penjualan mereka di wilayah Asia dan Oceania. Dalam…

Kamis 7 April 2016 | Berita Otomotif

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi launching Sienta di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Kamis (07/04). Multi Activities Vehicle (MAV) berkapasitas 7 penumpang…