ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Mengenali Arti Tiga Warna Lampu Indikator Pada Mobil

Jumat, April 29th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Lampu indikator yg ada pada dasbor mobil, bukanlah satu yg baru. Namun, masih banyak pengemudi belum mengerti sepenuhnya makna dari indikator tersebut, padahal produsen telah membuatnya agar gampang dipahami.

Indikator berupa lambang atau lampu yg terletak pada panel instrument dasbor mobil memberi petunjuk, atau berbagai keterangan utama keadaan mobil pada ketika itu. Ini utama agar saat mobil mengalami gangguan (seperti yg ditunjukkan pada panel indikator) dapat langsung ditangani atau diantisipasi.

Seperi dikutip dari buku berjudul Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, pada Bab IV mengenai konstruksi dalam kendaraan dituliskan, jangan sampai mengabaikan lampu indikator. Karena mampu berakibat fatal seandainya ditinggalkan.

Selain melalui lambang atau gambar, lampu indikator juga mengatakan pesannya melalui warna. Pada umumnya terdapat tiga warna berbeda, hijau, kuning dan merah (seperti lampu dulu lintas).

Setiap warna memiliki tingkat perhatian yg berbeda. Sebagai cara sederhana, pahami dan kenalilah arti dan maksud dari indikator tersebut, salah satunya dengan skala prioritas berdasarkan warna.

Pertama, warna hijau. Ini menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

Kedua, warna kuning. Ini menandakan bahwa terdapat keadaan yg membutuhkan perhatian dari pengemudi, baik pengecekan ataupun sekedar peringatan bagi berhati-hati (waspada). umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi buat tetap berkendara.

Ketiga, warna merah. Ini menandakan sebuah peringatan yg mendesak dan dapat  berakibat fatal. Jika warna ini muncul, maka disarankan bagi langsung berhenti dan secepatnya mengatasi persoalan tersebut. warna ini juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Mengenali Arti Tiga Warna Lampu Indikator Pada Mobil

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Setelah terjerat skandal kecurangan emisi buat kendaraan diesel, Volkswagen mendorong upaya ke arah segmen elektrik. Baru-baru ini, CEO Volkswagen Matthias Muller mengungkapkan bahwa pihaknya mulai…

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Hinckley -Akhir tahun lalu, Triumph sudah memperkenalkan berbagai model Bonneville terbaru. Kini produsen yang berasal Inggris tak mampu berkutik ketika tampilan Triumph Bonneville 900 cc terbaru…

Selasa 22 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Percaya atau tidak, tetapi seorang amatiran bisa membangun sebuah mobil kemudi otomatis. Seperti apa? Bloomberg melansir, seorang peretas bernama George Hotz membangun sebuah…